Sebuah Universitas Kristen Katholik Internasional akan segera didirikan di Mesir. Rencananya, peletakan batu pertama bangunan perguruan tinggi itu akan dilaksanakan di akhir tahun 2010 ini.Keterangan tersebut sebagaimana dilansir harian Mesir al-Mishriyyun (6/2), mengutip sebuah sumber dari pihak internal Gereja Katholik.

Diungkapkan sumber tersebut, proyek pendirian Universitas Kristen Mesir hingga saat ini masih dalam proses pelulusan izin dari pemerintahan Mesir, khususnya dari Kementrian Pendidikan Tinggi dan Dewan Khusus Universitas.

Universitas tersebut akan berlokasi di kota Alexandria yang terletak di pesisir Laut Mediterrania, Mesir, yang juga bekas salah satu pusat penyebaran ajaran Kristen di masa Hellenistik.

Sumber tersebut juga menerangkan, pada mulanya pihak Gereja Katholik berencana untuk mendirikan cabang Universitas Liverpool di Mesir. Universitas Liverpool sendiri memiliki reputasi sebagai perguruan tinggi keuskupan katholik internasional.

Ditambahkannya, beberapa targetan lebih jauh dari didirikannya Universitas Kristen Mesir itu adalah berdirinya 170 sekolah katholik di Mesir yang akan dinaungi oleh universitas tersebut.

Jumlah penganut sekte Katholik di Mesir (Katholik-Koptik) sendiri saat ini mencapai sekitar 300 ribu jiwa, dari total penduduk 80 juta. Angka tersebut mengecualikan jutaan warga Koptik Mesir yang bermigrasi ke luar negeri, yang dikenal dengan sebutan Aqbath al-Mahjar (Koptik Imigran). Mereka tersebar di berbagai negara, utamanya Amerika, Kanada, Australia, dan negara-negara Eropa.

Ibrahim Nakhlakh, salah seorang tokoh Kristen Sekuler Mesir, menyatakan ihwal pendirian Universitas Kristen Mesir ini didorong oleh keinginan pihak Kristen Mesir untuk mendirikan perguruan tinggi independen.

Didirikannya Universitas Kristen Mesir Internasional ini juga dipastikan akan menjadi pesaing bagi Universitas Islam Internasional di Mesir yang namanya telah melegenda: Al-Azhar. (ags/myn)