NIJMEGEN (voa-islam.com) – Sebuah pabrik kondom di Belanda akan membagikan secara gratis 2.000 kondom bergambar seorang paus. Meski tidak menampilkan wajah, gambar itu disebut-sebut sangat mirip dengan sosok Paus Benediktus XVI.

Pembagian ‘Kondom Paus’ tersebut dilakukan untuk menyampaikan sejumlah pesan. Di antaranya adalah bahaya penyakit menular seksual, kehamilan yang tidak diinginkan, serta sikap gereja Katolik Roma yang menentang kontrasepsi.

Gambar sosok pemegang tahta tertinggi dalam hirarki gereja Katholik itu terdapat pada bungkus kondom. Sosok paus dengan tangan terbuka lebar ke atas itu dibingkai dengan tulisan “I SAID NO! We say YES!“.

De Condoomfabriek, pabrik yang memproduksi kondom tersebut akan membagikannya secara cuma-cuma akhir pekan ini. Acaranya akan berlangsung di sebuah gereja Katholik Roma.

Ide untuk membuat ‘Kondom Paus’ dipicu oleh joke yang disampaikan kementerian luar negeri Inggris kepada Paus Benediktus XVI lewat sebuah memo. Paus diminta meluncurkan kondom bermerk ‘Benedict’ saat berkunjung ke Inggris.

Joke itu sempat membuat hubungan diplomatik antara Inggris dan Vatikan menegang, hingga akhirnya Inggris menyampaikan permintaan maafnya bulan April yang lalu.

Kesadaran pria memakai kondom perlu dibarengi dengan kesadaran yang tinggi pula akan ancaman berbagai penyakit seperti gonnore, clamydia, sifilis, HIV dan lainnya.

Kondom bukan dipromosikan untuk melegalkan seks bebas, tapi untuk melindungi orang yang tidak bersalah, seperti istri yang suaminya punya penyakit atau untuk menunda kehamilan. [taz/dtk]