Tag

Tulisan ini diambil dari situs Sarapan Pagi yang berusaha menjawab tantangan “Mustahil Kristen Bisa Menjawab.” Tulisan ini juga diharapkan dapat menjelaskan khalayak ramai atas tulisan “JIKA YESUS BUKAN ORANG KRISTEN, KENAPA MISIONARIS LAKUKAN KRISTENISASI.” Diharapkan tulisan ini dapat mencerahkan banyak orang yang begitu membenci Kristus dan dapat mulai merasakan betapa besar kasih-Nya kepada manusia.

Oleh karena banyaknya tantangan dan jawabannya, tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa artikel. Berikut adalah jawaban atas tantangan yang pertama.

1) Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen?

Semua pengikut Yesus pasti mengakui bahwa mereka beragama Kristen. Tetapi apakah ada di antara mereka bisa memberikan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang tertulis di dalam Alkitab bahwa Yesus beragama Kristen?

Pertanyaan seperti itu tampak sepele atau main-main, padahal kami benar-benar serius dan akan menepati janji bila ada diantara umat Kristiani atau dari agama manapun yang bisa memberikan bukti berupa ayat-ayatnya yang tertulis dalam Alkitab tentang pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen.

Jika Yesus ternyata bukan beragama Kristen, lalu apa nama agama Yesus yang sebenarnya? Siapa saja yang bisa menunjukkan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang benar-benar tertulis di dalam Alkitab (Bible), pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen, <edited>

Banvak umat Kristiani tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Yesus bukan beragama Kristen dan yang menamakan agama itu `Kristen’ bukan Yesus, tapi Barnabas dan Paulus (Saulus) di Antiokhia. Perhatikan ayat-ayat Alkitab dibawah ini :

“Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Sauius; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang.
Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.”
(Kis 11:23-26)

Ayat diatas membuktikan bahwa yang menamakan agama itu “Kristen” bukan Yesus. tetapi Barnabas dan Paulus.

Seumur hidupnya Yesus tidak pernah tahu kalau agama yang dibawanya dinamai Kristen, sebab nama “Kristen’ itu baru muncul jauh setelah Yesus mati. Timbul pertanyaan; kalau begitu kapan Yesus mati dan kapan agama yang dibawanva dinama Kfisten? Menurut data yang kami baca dalam beberapa buku yang ditulis oleh kalangan Kristen sendiri, diantara-nya dalam buku “Religions on File” Yesus lahir sekitar tahun 4 SM (Sebelum Masehi) dan wafat sekitar tahun 29 M (Masehi). Semen¬tara Paulus dan Barnabas memberi nama “Kristen” terhadap agama yang mereka bentuk, yaitu sekitar tahun 42 M. Ini berarti sekitar 13 tahun (42-29=13) setelah Yesus mati, baru muncul agama Kristen bentukan Barnabas dan Paulus.

Didalam kitab suci agama Islam yaitu A1 Qur`an, tidak dijumpai satu pun kata “Kristen”, yang ada kata “Nashara” karena Yesus berasal dari kota Nazareth. Dan pengikut ajaran Yesus disebut “Nashrani” bukan Kristen. Bahkan didalam Alkitab itu sendiri, kata “Kristen’ hanya disebutkan paling banyak 6 (enam) kali, yaitu pada Kis 11:26, Kis 26:28, Rm 16:7, 1 Kor 9:5, 2 Kor 12:2 dan 1 Ptr 4:16)

~~~

Jawaban apa sih yang dianggap benar?

Catatan :
Tanda “<edited>” adalah informasi mengenai hadiah, keterangan tsb sengaja “diedit” karena tanggapan yang disampaikan di bawah ini bukan untuk memburu iming-iming hadiah tsb.

Saya hanya menanggapi pertanyaan yang diajukan sesuai keimanan Kristiani, bukan untuk adu argumentasi atau balik melecehkan/ mempertanyaan keimanan agama lain, tetapi terbatas pada “apology” terhadap kepercayaan yang saya imani.

Kata “Agama” atau “religion” tidak pernah muncul dalam Alkitab. Kata “religion” (agama) adalah kata yang belakangan muncul. Ada perbedaan antara the word agama & religion. Dan, kata “agama” sebenarnya bukan berasal dari rumpun bahasa Semitik. Kata itu berasal atau diserap dari bahasa Sansekerta yang berarti “tidak kacau” atau “tidak hancur”, mungkin maknanya adalah “hidup teratur, ritual”.

Kata Religion (Inggris) dari kata Latin ‘religare’ artinya mengikat. Religare terdiri dari dua kata yaitu “re” dan “ligare”, “re” artinya kembali dan “ligare”artinya hubungan yang telah putus. Jadi, ‘religare’ atau ‘agama’ adalah satu sarana bagi manusia untuk mengikat kembali hubungan Allah dengan manusia yang telah putus akibat dosa. Maka jelas kata ini menunjukkan ada ikatan antara ‘penyembah’ dengan ‘yang disembah’.

Kata “agama Yahudi” tidak pernah muncul dalam Perjanjian Lama, dalam Perjanjian Baru Yunani pun tidak ada kata “agama” ataupun “agama Yahudi”. Kalaupun ada kata Agama Yahudi dalam “Alkitab terjemahan bahasa Indonesia”, istilah tersebut diterjemahkan dari kata ιουδαισμος – IOUDAISMOS, berasal dari kata ιουδαιζω – IOUDAIZÔ, “hidup seperti orang Yahudi”, yaitu menerima kebiasaan dan ritus-ritus Yahudi, terutama berhubungan dengan iman dan penyembahan mereka.

Yesus Kristus tidak membawa agama. Ajaran Yesus Kristus yang terutama adalah tentang Kerajaan Surga atau Kerajaan Allah yaitu pewujudan pemerintahan, kekuasaan, kemuliaan Allah di atas muka bumi, serta kehidupan kelak di akhirat. Dia lebih menekankan hal-hal batiniah ketimbang lahiriah. Kalangan Yahudi memberi istilah sekte orang Nasrani kepada pengikut Kristus untuk membedakan sekte-sekte atau mazhab-mazhab (Yunani: αιρεσις – HAIRESIS) yang ada di kalangan itu seperti mazhab Farisi dan mazhab Saduki.

* Kisah Para Rasul 5:17
LAI TB, Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati.
KJV, Then the high priest rose up, and all they that were with him, (which is the sect of the Sadducees,) and were filled with indignation,
TR, αναστας δε ο αρχιερευς και παντες οι συν αυτω η ουσα αιρεσις των σαδδουκαιων επλησθησαν ζηλου
Translit, anastas de ho arkhiereus kai pantes hoi sun autô hê ousa hairesis tôn saddoukaiôn eplêsthêsan zêlou

* Kisah Para Rasul 15:5
LAI TB, Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: “Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa.”
KJV, But there rose up certain of the sect of the Pharisees which believed, saying, That it was needful to circumcise them, and to command them to keep the law of Moses.
TR, εξανεστησαν δε τινες των απο της αιρεσεως των φαρισαιων πεπιστευκοτες λεγοντες οτι δει περιτεμνειν αυτους παραγγελλειν τε τηρειν τον νομον μωυσεως
Translit, exanestêsan de tines tôn apo tês haireseôs tôn pharisaiôn pepisteukotes legontes oti dei peritemnein autous paraggellein te têrein ton nomon môuseôs

* Kisah Para Rasul 24:5
LAI TB, Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani.
KJV, For we have found this man a pestilent fellow, and a mover of sedition among all the Jews throughout the world, and a ringleader of the sect of the Nazarenes:
TR, ευροντες γαρ τον ανδρα τουτον λοιμον και κινουντα στασιν πασιν τοις ιουδαιοις τοις κατα την οικουμενην πρωτοστατην τε της των ναζωραιων αιρεσεως
heurontes gar ton andra touton loimon kai kinounta stasin pasin tois ioudaiois tois kata tên oikoumenên prôtostatên te tês tôn nazôraiôn haireseôs

Tidak ada satu pun perkataan Yesus Kristus maupun para murid-Nya yang mengatakan bahwa mereka membawa “agama Nasrani”. Paulus tidak mengembangkan “agama Kristen”. Gereja di Antiokhia justru terbentuk gara-gara Paulus menganiaya orang Kristen sehingga mereka tersebar ke sana (Kisah Para Rasul 11:19).

Istilah Kristen (Yunani: χριστιανος – KHRISTIANOS) diberikan oleh orang Yunani dan Romawi kepada para pengikut Kristus untuk membedakannya dengan para pengikut Kaisar, pengikut Herodes (Yunani: ηρωδιανοι – HÊRÔDIANOI), dan sebagainya.

Artikel terkait :

– NASRANI DAN KRISTEN, di kristen-vt325.html#p15059

– AGAMA, di agama-vt1796.html