DEBAT / DIALOG AGAMA

Halaman ini di buka untuk rekan-rekan yang ingin berdebat. Komentar bebas dan tidak di hapus. Namun bagi yang sengaja memasang spam ads*ns* berupa produk merek terkenal maupun numpang ikl*n b*sn*s o*line, maka akan saya hapus. Kecuali atas kesepakatan dan persetujuan dari saya.


Salam, Fitri.

1631 thoughts on “DEBAT / DIALOG AGAMA”

  1. pertanyaan ini belum pernah dijawab dengan pasti dan yakin oleh kaum muslim

    menurut kamu, apakah alkitab dari kejadian sampai wahyu, 100%, sesat atau omong kosong atau ditulis oleh orang kaga jelas ???

    menurut kamu, apakah setiap ayat yang dikutip oleh kamu, berarti ayat itu bener ??

    salam sejahtera

  2. (Al-Baqarah):6 – Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

    • Jerry: (Al-Baqarah):6 – Sesungguhnya org2 kafir, sama saja bagi mereka,
      kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan,
      mereka tidak juga akan beriman.

      MK: Jer! Pikirkanlah, mengapa kita hrs beriman kpd ciptaan.
      Kita tak bisa mengharap apa2 dan dia tak menjanjikan apa2.
      Beriman hanya kepada Tuhan Allah saja, Allah Yg Maha Esa.

      Semua janji2-Nya telah dan sedang dan ada yg akan ditepati.
      Itu sebab, Alkitab disebut Kitab janji-janji Allah Yg Maha Benar.
      https://kerajaanagama.wordpress.com/debat-dialog-agama/comment-page-14/#comment-12245

      Salam Damai!

      • “Katakanlah (wahai orang-orang yang beriman): “Kami beriman kepada Allah dan kitab yang diturunkan kepada kami, dan kitab yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan kitab yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kitab yang diberikan kepada nabi-nabi dari Rabb mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.”
        —QS. Al-Baqarah: 136
        kami umat islam beriman kpd cipta’an allah karena itu perintah allah… memang hanya allah yang bisa memberikan dan menjanjikan apa”…

      • @ Maren Kitatau

        “Katakanlah (wahai orang-orang yang beriman): “Kami beriman kepada Allah dan kitab yang diturunkan kepada kami, dan kitab yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan kitab yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kitab yang diberikan kepada nabi-nabi dari Rabb mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.”
        —QS. Al-Baqarah: 136
        kami umat islam beriman kpd cipta’an allah karena itu perintah allah… memang hanya allah yang bisa memberikan dan menjanjikan apa”…

      • @ Maren Kitatau

        hanya sebatas beriman”percaya” bukan berarti menyembah…. karena yang wajib disembah hanya allah ta’ala…

      • @Jerry

        Beriman tak sebatas menyembah
        Beriman tak hanya utk berharap
        Beriman temasuk percaya ada

        Iman adalah dasar segala sesuatu yg diharapkan
        Dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

        Jadi, Jer!
        Berimanlah hanya kpd Allah
        Percayalah pd segala sesuatu
        Karna segalanya pd kuasa-Nya

        Beriman kudu khusuk via telinga dan perasaan (hati).
        Karna iman itu datang dari pendengaran (anugerah).

        Percaya itu biasa bisa melalui mata dan pikiran (otak).
        Karna percaya itu datang dari penglihatan (mewujud).

        Salam Damai!

      • J: kami umat islam beriman kpd cipta’an allah karena itu perintah allah…
        MK: Apa ada juga yg beriman kpd Hadits, ciptaan Muhammad, bro!

        J: memang hanya allah yang bisa memberikan dan menjanjikan apa”…
        MK: Dan memang iman itu dari-Nya
        Hanya kepada-Nya-lah kita beriman,
        Percaya penuh pd-Nya dan berharap.

        Salam Damai!

  3. @jerry

    Jerry bener!
    Org kafir itu akan terus bertambah
    Karna mereka tidak sudi beriman kpd Kitab.
    Mereka tidak menegakkan Taurat, Injil dan Al Quran

    “Katakanlah: ‘Hai Ahli Kitab,
    kamu tak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu
    menegakkan ajaran2 Taurat, Injil dan Al-Qur’an
    yang diturunkan kepadamu dari Rabb-mu’.

    Sesungguhnya, apa yg diturunkan kpd-mu (Muhammad) dari Rabb-mu
    akan menambah kedurhakaan dan kekafiran
    kepada kebanyakan dari mereka;
    maka janganlah kamu bersedih hati
    terhadap org2 yg kafir itu.”[QS.5:68]

    Ya, jadi,
    Yg diturunkan itu yg akan menambah kedurhakaan.
    Maka janganlah sedih thp kebanyakan kafir itu
    Tegakkanlah Taurat, Injil dan Al Quran.
    Walau mereka tidak mengimaninya.

    Tapi mereka percaya pd cahaya [QS.5:46] yg ini:
    Kami iringkan jejak mereka dgn Isa putra Maryam,
    membenarkan kitab yg sebelumnya, yaitu: Taurat.
    Dan Kami telah memberikan kpd-nya kitab Injil
    sedang di dlm-nya (ada) petunjuk dan Cahaya
    Menjadi petunjuk pengajaran org Bertakwa.

    Salam Damai!

  4. 1. Tidak semua injil itu 100% salah tapi banyak sekali ayat yang dicampuri oleh tangan manusia, buktinya banyak sekali ayat yang bertentangan satu sama lain.

    2. Alquran tidak mengutip dari kitab manapun.

    Salam damai

    • @edy.

      1. Tidak semua injil itu 100% salah tapi banyak sekali ayat yang dicampuri oleh tangan manusia, buktinya banyak sekali ayat yang bertentangan satu sama lain. ===== sebutkan satu persatu ayat yang kamu maksud ???? tidak boleh hanya ngomong aja. mualaf sekalipun tidak pernah menerbitkan ini

      2. Alquran tidak mengutip dari kitab manapun. ====
      oiya. maksudnya kitab zabur dll, itu apa yach ???
      kitab zabur dll itu kemana yach ???
      bisa di temukan kaga ???

      sampai saat ini, kamu dan saudara2 mu, hanya bisa menulis dan mengatakan, kaga pernah ada bukti

      salam sejahtera

  5. @Edy
    Terimakasih salamnya!
    Jarang2 aku dpt salam, apa lagi damai.

    Dr “Older Comments” ada yg mirip dgn ragu2-mu
    Maren Kitatau said: April 20, 2016 pukul 10:31 am

    is: yesus sebenarnya adlh utusan allah
    MK: Benar! Dia-lah utusan, Dia guru
    Dia pelayan, Dia Anak Domba Allah,
    Dia lah Juruselamat, Dia hakim itu.

    is: untuk meluruskan umat manusia pada periode itu,
    MK: Dia terkemuka sejak akhirat ada, terkemuka di dunia.
    Manusia periode mana pun itu semuanya terbelenggu dosa.
    Antara Allah dan manusia ada sekat dosa sejak periode Adam

    Allah mengasihi manusia, tapi sangat membenci dosa.
    Manusia terus2 tergitu harta, tahta, wanita, dgn guna2.
    Maka adil Dia datang ke dunia melepas belenggu kita,
    Menjelaskan hikmat-Nya bagaiman betakwa kpd Allah

    [QS.5:46]
    Kami iringkan jejak mereka dgn Isa putra Maryam,
    membenarkan kitab yg sebelumnya, yaitu: Taurat.
    Dan Kami telah memberikan kpd-nya kitab Injil
    sedang di dlm-nya (ada) petunjuk dan Cahaya
    Menjadi petunjuk pengajaran org Bertakwa.

    [QS.43:63]
    “Dan tatkala Isa datang membawa keterangan, dia berkata:
    ‘Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmah,
    dan utk menjelaskan kpd-mu, sebagian dari apa yg kamu berselisih
    tentangnya, maka bertaqwakah kepada Allah dan taatlah (kepada)ku’.

    is: yg dmna pd waktu itu adlh zaman jahiliyah.
    MK: Mungkin Zaman jahiliah di Arab.
    Pada jaman itu Yahudi semakin rasis sepulang dari pembuangan.
    Israel Utara duluan terbuang karena kelaliman dan tak ada yg taat
    Sepuluh suku Israel hilang mencar berasimilasi dgn suku bangsa lain.

    is: Sama seperti muhammad meluruskan kepercayaan
    jahiliyah. dan masing2 di beri kitab sebagai petunjuk.
    MK: Petunjuk umat ialah Taurat dan Injil utk bertakwa [QS 5:46].
    Mungkin petunjuk Nabi Muhammad ditambahkan dgn Al Quran?

    Konon Muhammad belajar kitab midrash, talmud, taurat,Injil dari
    Al Qiss Waraqah yg menikahkan Muhammad dengan Khadijah.
    https://kerajaanagama.wordpress.com/debat-dialog-agama/comment-page-13/#comment-11778

    Konon juga Al Quran itu dicipta dan penentu akhir ialah Utsman:
    https://perhatikanlah.wordpress.com/2010/09/27/bukti-yesus-bukan-tuhan/#comment-55294
    Konon-mu: 2. Alquran tidak mengutip dari kitab manapun.

    is: tetapi kitab isa disalahgunakan
    MK: Apa motifnya menyalahgunakan, Sob?

    is: hingga diubah oleh para penulisnya hingga beberapa kitab.
    MK: Semua nabi menulis kitab pengalaman rohaninya.
    Rasul-rasul juga menulis kitab pengalaman rohaninya
    Kompilasi kitab2 yg bersesuaian itulah yg jadi Alkitab.

    is: dan akhirnya yg tadinya isi kitab injil itu sma dngn alquran
    akhirnya berubah. nah itulah yg menjadi perdebatan.
    MK: Jgn mau dibohongin, Sob!
    Penulis Alkitab itu banyak sekali
    Penulis Al Quran hanya Allah SWT?

    Pls periksa link yg kuberi di atas,
    Supaya kita tidak ragu2 bertaqua
    Kepada Allah Yang Maha Benar.
    Melalui jalan Isa yg penuh hikmat,
    Bukan jalan org2 yg penuh nikmat

    Salam Damai!

  6. To: henry jaya teddy

    saya akan menyebutkan salah satu ayat bible yang bertentangan,
    RAJA-RAJA 8:26 VS 2 TAWARIKH 22:2.
    Dalam 2 Raja-raja, umur Ahazia ketika naik raja TERTULIS: “22 tahun”, TETAPI dalam 2
    Tawarikh: “42 tahun”.

    Bagaimana menurut anda…?

    • Sesungguhnya, apa yg diturunkan kpd-mu (Muhammad) dari Rabb-mu
      akan menambah kedurhakaan dan kekafiran
      kepada kebanyakan dari mereka;
      maka janganlah kamu bersedih hati
      terhadap org2 yg kafir itu.”[QS.5:68]

      Ya, jadi,
      Yg diturunkan itu yg akan menambah kedurhakaan.
      Maka janganlah sedih thp kebanyakan kafir itu
      Tegakkanlah Taurat, Injil dan Al Quran.
      Walau mereka tidak mengimaninya.

      Cb;cermati kata kata dalam ayat sob ,menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan MEREKA,yang durhaka itu mereka mereka itu bukan saya,bukan kita tapi orang ketiga jamak,artinya orang yg tidak percaya pada kitab kitab Allah Itulah orang ygbertambah kedurhakaannya,ini ayat sangat mudah dipahami,tidak perlu ditafsirkan,kalau tau bahasa yg benar,

      [QS.5:46]
      Kami iringkan jejak mereka dgn Isa putra Maryam,
      membenarkan kitab yg sebelumnya, yaitu: Taurat.
      Dan Kami telah memberikan kpd-nya kitab Injil
      sedang di dlm-nya (ada) petunjuk dan Cahaya
      Menjadi petunjuk pengajaran org Bertakwa.

      Cb;sob kitab yg dibenarkan oleh Alquran adalah injil,tapi kitab anda kan bukan hanya injil,dan memang benar injil ada petunjuk jalan kebenaran,tapi masih murnikah injil itu benar benar firman Allah?sedang injil diseluruh dunia hanyalah terjemahanya,dan terjemahan tiap negara pasti beda maknanya?sob selidikilah injil anda,benar benar keyakinan dari tuhan atau dari manusia?

      [QS.43:63]
      “Dan tatkala Isa datang membawa keterangan, dia berkata:
      ‘Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmah,
      dan utk menjelaskan kpd-mu, sebagian dari apa yg kamu berselisih
      tentangnya, maka bertaqwakah kepada Allah dan taatlah (kepada)ku

      Cb:Alquran sangan memuliakan Isa sob dan islam sejalan dengan isa,dan islam bertakwa pada Allah dan taat pada ajaran Isa,isa menyembah hanya pada Allah,kami islam juga menyembah hanya pada Allah,maka islam yg paling taat pada isa,dan sekarang posisikan anda dengan ajaran isa sob?sejalan gak dengan ajaran isa,

      is: yg dmna pd waktu itu adlh zaman jahiliyah.
      MK: Mungkin Zaman jahiliah di Arab.
      Cb:sob semua bangsa didunia saat itu zaman jahiliah,semua bangsa menyembah berhala,maka Allah menurunkan para nabi untuk meluruskan akhlak manusia,supaya menyembah pada Allah semata,supaya berdoa pada tuhan yg benar bukan pada patung atau bangunan,atau binatang,itulah tugas para nabi,

      is: Sama seperti muhammad meluruskan kepercayaan
      jahiliyah. dan masing2 di beri kitab sebagai petunjuk.
      MK: Petunjuk umat ialah Taurat dan Injil utk bertakwa [QS 5:46].
      Mungkin petunjuk Nabi Muhammad ditambahkan dgn Al Quran

      Cb:kalau anda tidak percaya pada Alquran janganlah mengutib ayat alquran demi pembenaran keyakinan anda,nggak logis,percaya saja ngak tapi mengutip ayat Alquran,kalau anda mengutip berarti anda percaya pada Alquran,cuma anda gak mau menjalankannya?Alquran membenarkan kitab kitab sebelumnya,TAPI kitab kitab sebelumnya sudah dirangkum jadi satu diAlquran,karna kitab sebelumnya sudah kadaluarsa karna ternoda ulah manusia,makanya Alquran kitab yg masih murni tak hilang satu hurufpun dari jaman nabi sampai sekarang dan anda boleh periksa,karna ini bukan omong kosong belaka?

      MK: Jgn mau dibohongin, Sob!
      Penulis Alkitab itu banyak sekali
      Penulis Al Quran hanya Allah SWT?

      Cb:karna penulis kitab banyak lalu mana yg paling benar,bukankah dalam menulis beda orang beda tulisan beda kata beda makna beda pandangan,lalu mana yg paling benar?atau stidaknya siapa yg dibohongi diantara kita,

      Supaya kita tidak ragu2 bertaqua
      Kepada Allah Yang Maha Benar.
      Melalui jalan Isa yg penuh hikmat,
      Bukan jalan org2 yg penuh nikmat

      Cn:sob kami islam bertakwa pada Allah yg benar,dan nabi isa pun menjadi panutan umat islam,dan ini suatu nikmat dari Allah pada hambanya,apakah menurut anda nikmat itu cuma enak enakan,anda salah besar semua karunia Allah didunia ini merupakan nikmat dari Allah,seperti anda makan nasi,maka anda bisa disebut menikmati nasi,kalau tidak memahami berarti kosa kata anda kurang ?

      Dan lagian sob ketika anda mengutib ayat Alquran anda pahami sekenanya ketika kami mengutip ayat injil maka kami harus sesuai tafsiran anda,padahl ayat yg tanfsiran tidak rumit kadang dibikin rumit,apakah semua harus berdasarkan pemahaman anda,dan jika kami punya pemahaman yg berbeda dari anda apa kami salah besar karna tidak sesuai dengan anda?

      • MK: Ya, jadi,
        Yg diturunkan itu yg akan menambah kedurhakaan.
        Maka janganlah sedih thp kebanyakan kafir itu
        Tegakkanlah Taurat, Injil dan Al Quran.
        Walau mereka tidak mengimaninya.

        Cb;cermati kata kata dalam ayat sob ,menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan MEREKA,yang durhaka itu mereka mereka itu bukan saya,bukan kita tapi orang ketiga jamak,artinya orang yg tidak percaya pada kitab kitab Allah Itulah orang ygbertambah kedurhakaannya,ini ayat sangat mudah dipahami,tidak perlu ditafsirkan,kalau tau bahasa yg benar,

        MK: Sorry Sob!
        Rasanya cermatanku sama dhn pencermatanmu.
        Yg diturunkan itu yg akan menambah kedurhakaan.
        Bagi mereka yg tidak menegagkan Taurat, Injil dan Quran.

        Aku mencoba menegakkan dgn cahaya Injil dan dlm Quran
        Tapi aku tidak beriman kpd kitab, jgn lah kau sedih, gitu kan?
        Gimana, Sob, tetep aja kafirku nambah oleh yg diturunkan itu?

        Salam Damai!

  7. @ Maren Kitatau
    iman itu dari bahasa arab yang artinya percaya. termasuk percaya kpd allah dan cipta’annya. karena allah sendiri yang memerintahkan dalam alquran —QS. Al-Baqarah: 136 .
    kalau menyembah bahasa arabnya ibadah.
    dan yang wajib di sembah hanya allah ta’ala. tp dengan cara seperti yang dilakukan nabi muhammad SAW. dan bukan hanya di perdebatkan, tp di jalankan…….

    ahlussunnah waljamaah yes…

    • Jer: iman itu dari bahasa arab yang artinya percaya.
      termasuk percaya kpd allah dan cipta’annya.
      MK: Itu termasuk boleh beriman pd segala ciptaan?

      Jer: karena allah sendiri yang memerintahkan
      dalam alquran —QS. Al-Baqarah: 136
      MK: Pertimbangkanlah yg ini:

      Berimanlah hanya kepada Allah
      Percayalah pada segala sesuatu
      Karna segalanya pada kuasa-Nya

      Bedakan juga anatara “kepada” dan “pada”.
      Jika Arab menyamakannya, aku tak tau
      Soalnya Cah Bodoh said sama juga:
      ,
      CB: April 17, 2016 pukul 1:37 pm
      Sob, dalam islam kita diajarkan
      percaya atau beriman
      “1pada Allah
      2 pada malaikat
      3 pada nabi Allah
      4pada hari kiamat
      5pada amal baik dan buruk
      6pada takdir”
      https://kerajaanagama.wordpress.com/debat-dialog-agama/comment-page-14/#comment-12245

      Jadi, bila iman = percaya, maka
      Beriman kpd org-tua masuk juga
      Maka beriman atau percaya itu >6.

      Mungkin kau setuju:
      Iman dan percaya kubedakan gini:
      Believing makes you see (iman).
      Seeing is believing, (percaya),

      Salam Damai!

  8. hanya islam agama damai……

  9. menurutq, gak 100% salah, kalau sesuai dengan alquran aq anggap benar karena alquran kitab penyempurna.
    (Al-Baqarah):2 – Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

    • @ Henry Jaya Teddy

      menurutq, gak 100% salah, kalau sesuai dengan alquran aq anggap benar karena alquran kitab penyempurna.
      (Al-Baqarah):2 – Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

  10. (Al-Baqarah):41 – Dan berimanlah kamu KEPADA apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.

    mk: Mungkin kau setuju:
    Iman dan percaya kubedakan gini:
    Believing makes you see (iman).
    Seeing is believing, (percaya),
    jer: trs klo anda membedakan kayak gitu bhsa arabnya percaya itu apa, dan bhsa indonya iman itu apa?,
    krna ssunngguhnya gk ada bedanya iman dan percaya.
    tp iman kpd allah gk sama iman pada yang diciptakan…

    • Jer: (Al-Baqarah):41 –
      Dan berimanlah kamu KEPADA Al Quran …

      MK: Oh! Bisa dikata Quran itu ialah mahluk-Nya.
      Maka muslim wajib beriman KEPADA mahluk itu,
      Apa mahluk itu lebih utama dr ciptaan terbaik-Nya?

      Kitatau ciptaan terbaik-Nya ialah manusia.
      Segala ciptaan diperuntukkan demi manusia.
      Manusia diberi kuasa mengolah segala ciptaan

      Pendapatmu, Sob!

      Salam Damai!

    • Jer: (Al-Baqarah):41 – …
      telah Aku turunkan Al Quran
      yg membenarkan apa yg ada …

      MK: Yg telah ada adalah Taurat.
      Kutau Taurat itu tulisan tangan nabi2-nabi.
      Apakah Taurat itu juga termasuk mahluk-Nya?

      Mohon juga pendapatmu, Sob!

      Salam Damai!

  11. @Maren Kitatau

    MK: Itu termasuk boleh beriman pd segala ciptaan?
    jer: ya.. termasuk iman pada hal” ghaib…

    MK: Pertimbangkanlah yg ini:
    Berimanlah hanya kepada Allah
    Percayalah pada segala sesuatu
    Karna segalanya pada kuasa-Nya
    jer: pertimbangkan juga ini:
    (Al-Baqarah):41 – Dan berimanlah kamu KEPADA apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.

    mk: Mungkin kau setuju:
    Iman dan percaya kubedakan gini:
    Believing makes you see (iman).
    Seeing is believing, (percaya),
    jer: trs klo anda membedakan kayak gitu bhsa arabnya percaya itu apa, dan bhsa indonya iman itu apa?,
    krna ssunngguhnya gk ada bedanya iman dan percaya.
    tp iman kpd allah gk sama iman pada yang diciptakan…

  12. @Maren Kitatau

    MK: Oh! Bisa dikata Quran itu ialah mahluk-Nya.
    Maka muslim wajib beriman KEPADA mahluk itu,
    Apa mahluk itu lebih utama dr ciptaan terbaik-Nya?
    jj: yang saya maksud bukan utana atau lbh utama.
    kita diwajibkan beriman kpd alquran krna alquran wahyu allah, yg jd pedoman umat islam, untuk menetuka mana hukum yang benar dan mana yang salah…

    MK: Yg telah ada adalah Taurat.
    Kutau Taurat itu tulisan tangan nabi2-nabi.
    Apakah Taurat itu juga termasuk mahluk-Nya?
    jj: ya krna taurat juga wahyu allah yg d trunkan mlalui malaikat jibril kpd nabi musa as. untuk di sampaikan pada umatnya. jd nabi hanya menulis apa yang allah perintahkan..

    • Berati termasuk Injil itu ialah (bukan adalah) mahluk-Nya,
      Sehingga Muslim wajib juga beriman KEPADA Injil itu,
      Dan dgn segala konsewensinya, ya kan?

      Baiklah kalau begitu, Sob.
      Selanjutnya kukatakan:
      Believing makes you see (iman).
      Seeing is believing, (percaya),

      J: trs klo anda membedakan kayak gitu
      bhsa arabnya percaya itu apa,
      dan bhsa indonya iman itu apa?,

      MK: Sob, mengapa kita khawatir dgn fatwa-fatwa Arab,
      Atau mengapa hrs kata Arab harus jadi patokanmu bertuhan,
      Apakah hrs juga kita bergantung kpd yg tergantung pd Tuhan?
      Ini mungkin untuk muslim yg bergantung kepada Hadits juga,

      Salam Damai!

      • cah bodo said:

        Sob gini jabarqnya soal iman dan percaya,mungkin anda kesulitan dan kurang paham,kita beriman itu artinya kita percaya,kita beriman pada Allah berarti kita percaya Allah itu ada dan maha kuasa,kita beriman pada nabi berarti kita percaya Allah menurunkan para nabi sebagai utusan, kita beriman pada Kitab Alquran berarti kita percaya Alquran itu firman Allah,kita beriman pada malaikat berarti kita percaya bahwa malaikat itu ada dan itu ciptaan Allah juga,iman itu kata yg luas dari percaya,iman itu kata religius,percaya itu kata umum, iman itu percaya bab yg religius yg sesui ajaran agama,sedang percaya itu kata umum yg sifatnya bisa tidak religius,sama seperti saya percaya anda seorang kristian,maka tidak bisa saya disebut beriman pada anda,akan lain maknanya sob,

        MK: Sob, mengapa kita khawatir dgn fatwa-fatwa Arab,
        Atau mengapa hrs kata Arab harus jadi patokanmu bertuhan,
        Apakah hrs juga kita bergantung kpd yg tergantung pd Tuhan?
        Ini mungkin untuk muslim yg bergantung kepada Hadits juga,
        Cb;sob Alquran itu bahasa aslinya bahasa arab,dan ini bahasa murni firman Allah,dan sebutan Allah bagi islam didunia manapun tetep Allah,
        Kitab suci itu murni kalau bahasanya sama ketika diturunkan,dan sampai sekarang pun masih murni Alquran,tidak berubah walau satu huruf pun,
        Dan terjemahan Alquran diseluruh dunia itu sumbernya dari Alquran berbahasa arab jadi sangat mudah mereferensikan jika ada kata dan makana dari terjemahanya,
        Sob kita bisa mengenal Allah lebih dekat kalau kita baca Quran beserta terjemahan dan tafsiranya,kita bisa baca terjemahan quran menurut bahasa masing masing daerah TAPI dari semua terjemahan itu induk pokoknya Alquran,kalau anda membaca terjemahan berbahasa Indonesia dan anda juga membaca terjemahan berbahasa malaisia,walaupun sama bahasa melayu tapi ada kata yg berbeda,karna beda daerah beda kata beda makna,maka reverensinya adalah kembali pada bahasa Alquran,jadi kita tidak bisa mengotak atik kata dan makna kitab sesuai keinginan kita,

        Tapi maaf sob kitab anda berbahasa indonesia,dan itu disadur dari bahasa inggris,dan bahasa inggris disadur dari bahasa mana lagi saya gak tahu,lalu dimana kitab anda yg berbahasa asli ketika yesus masih hidup,dan kemana anda akan mereverensi kata kata di kitab anda,sebagai contoh:di terjemahan bahasa inggris ada kata LORD lalu disadur ke bahasa indonesia jadi ALLAH,padahal di inggris tidak paham kata ALLAH,karna kata ALLAH itu identik dengan islam,lalu anda mereverensi pakai bahasa apa sob?apa terjemahan kitab kristian anda terima apa adanya,tanpantau bahasa aslinya,kalau Misal dalam menterjemahkan kitab ada kesalahan penulisan apa anda terima apa adanya?kenalilah bahasa asli yesus,karna karna kitab injil yg asli yg berbahasa yg dipakai yesus,yesus tidak berbahasa inggris sob,itu hanya terjemahan,apa patokan kamu yg berbahasa inggriss

        Sob hadist adalah kata kata nabi Muhammad,sehebat apapun muhammad membuat kata dia tidak bisa memasukan satu kata pun dalam Alquran,semua perkataan nabi disebut hadis,kalau kita mencari hukum syariat dalam Alquran tidak ada maka hadis muhammad yg dipakai,dan hadis muhammad itu demi kepentingan syariat umat,bukan untuk diri sendiri,kalau bukan hadis nabi muhammad sebagai utusan Allah,apa musti perkataan orang yg bukan nabi,yg diikuti,kalau misal semua orang membuat hukum sendiri sendiri dapat anda bayangkan bagaimana kacaunya dunia ini dan itu sama persis keadaan sekarang ini dimana semua menciptakan hukum sendiri sendiri,lihat saja di america perjudian dilegalkan pelacuran dilegalkan bahkan perkawinan sesama jenis juga dilegalkan,apakah ada ajaran yesus yg demikian,itu semua karna manusia menciptakan sendiri hukum hukum dan itu sangat bertentangan bahkan dengan agama apaun didunia ini,Dan misal kami islam ingin menegakan hukum Allah,kami melarang perjudian kami melarang pelacuran dan kami melaknat perkawinan sesama jenis,maka kami islam dicap ketinggalan jaman,bahkan dicap biang kerok demi mengatasnamakan kebebasandan lihatlah kebanyakan negara menempatkan hukum manusia diatas hukum agama,
        Lihatlah dinegara barat ada budaya yg tidak patut disebut peradaban,mereka bertelanjang dimuka umum,dipantai pantai,dan juga perkawinan sesama jenis,dan baru jaman sekarang ada perkawinan itu,apakah itu peradaban maju atau kebebasan atau itu ajaran agama sob?lihatlah ketika semua merasa bisa benar sendiri mengalahkan norma agama?sejahat apapun orang arab atau indonesia tidak pernah melegalkan perkawinan sesama jenis sob?karna itu bukan kodrat manusia sob?renungkanlah!!!!!!!

      • CB: Sob gini jabarqnya soal iman dan percaya,mungkin anda kesulitan dan kurang paham,kita beriman itu artinya kita percaya,kita beriman pada Allah berarti kita percaya Allah itu ada

        MK: Kesulitanku sudah kujabarkan pd jj
        Kita diskusikan persamaan dan bedanya!

        CB: Sob kita bisa mengenal Allah lebih dekat kalau kita baca Quran beserta terjemahan dan tafsiranya,kita bisa baca terjemahan quran menurut bahasa masing masing daerah TAPI dari semua terjemahan itu induk pokoknya Alquran,kalau anda membaca terjemahan berbahasa Indonesia dan anda juga membaca terjemahan berbahasa malaisia,walaupun sama bahasa melayu tapi ada kata yg berbeda,karna beda daerah beda kata beda makna,maka reverensinya adalah kembali pada bahasa Alquran,jadi kita tidak bisa mengotak atik kata dan makna kitab sesuai keinginan kita,

        MK: Soal bahasa kita lihat fenomena kita:
        Suku bangsa yg terbatas kata, sulit berkembang
        Suku bangsa yg tak membatasi kata, mudah berkembang

        CB: Tapi maaf sob kitab anda berbahasa indonesia,dan itu disadur dari bahasa inggris,dan bahasa inggris disadur dari bahasa mana lagi saya gak tahu
        MK: Tau-tau maju aja!

        CB: Sob hadist adalah kata kata nabi Muhammad,sehebat apapun muhammad membuat kata dia tidak bisa memasukan satu kata pun dalam Alquran
        MK: Karna Muslim beriman kpd Muhammad,
        Apa hrs beriman kpd Hadits juga,
        Mahluk-nya (bukan “Nya”)?

        Pertanyaan ini sebenarnya sudah tersirat di atas,
        Tapi aku hanya ingin tau saja, ini hanya diskusi, Sob.

        CB: Lihatlah dinegara barat ada budaya yg tidak patut disebut peradaban,mereka bertelanjang dimuka umum,dipantai pantai
        MK: Kita sedang melihat keperluan rohani kita.
        Yaitu iman dan percaya kepada dan pada, sob
        Soal peradaban dosa kita sudah tau banyak.

        Utk melihat penyakit dosa ya Perjanjian Lama gudang-nya. Utk melihat resep penyembuh penyakit dosa ada di Perjanjian Baru. Tapi itu tadi, soal iman dan percaya dululah, soal kepada dan pada yg perlu kita renungkan dan perkaya.

        Salam Damai

  13. @ Maren Kitatau

    mk: Berati termasuk Injil itu ialah (bukan adalah) mahluk-Nya,
    Sehingga Muslim wajib juga beriman KEPADA Injil itu,
    Dan dgn segala konsewensinya, ya kan?
    jj: ya, injil yang di trunkan pada nabi isa, juga zabur yg dtrunkan pada nabi daud. dan mushaf ” yang ditrunka pada” nabi” sebelumnya.

    MK: Sob, mengapa kita khawatir dgn fatwa-fatwa Arab,
    Atau mengapa hrs kata Arab harus jadi patokanmu bertuhan,
    Apakah hrs juga kita bergantung kpd yg tergantung pd Tuhan?
    Ini mungkin untuk muslim yg bergantung kepada Hadits juga

    jj:saya tdk khawtir dg fatwa” arab, sya hanya ingin meluruska pengertian tetang iman,. saya kn sdh menyebutkan dalil” dlm alquran. apa prlu sya ulang lagi…

  14. jj:saya tdk khawtir dg fatwa” arab,
    MK: Pertanyaan mu kemarin bagi menawa, sbb:
    trs klo anda membedakan kayak gitu
    bhsa arabnya percaya itu apa,
    dan bhsa indonya iman itu apa?,

    jj: sya hanya ingin meluruska pengertian tetang iman,.
    saya kn sdh menyebutkan dalil” dlm alquran.
    apa prlu sya ulang lagi…
    MK: Lalu dali percaya?
    Soalnya dalilmu gini:
    J: krna ssunngguhnya gk ada bedanya iman dan percaya.
    tp iman kpd allah gk sama iman pada yang diciptakan…

    MK: Kita hrs mampu membedakan seditelnya,
    Hingga kitatau mana2 yg asli mana2 yg imitasi.
    Karna “kata” adalah alat utama pemurnian apa pun.

    Tanpa kata, kita hewan.
    Dgn kata kita bisa bekerja
    Memilah memuliakan yg ada.

    In the beginning was the Word,
    And the Word was with God,
    And the Word was God.
    [John 1:1]

    Tak yakin kah, bahwa
    Iman datang dari pendengaran
    Dan percaya datang dari penglihatan?

    Pertimbakan ini,
    Penggunaan kata kerja yg boleh/tidak:
    Kpd Tuhan, kpd manusia dan pd ciptaan.

    Kata:
    Memohon hanya kpd Tuhan
    Memohon boleh kpd manusia
    Memohon tak boleh kpd Quran

    Kata:
    Menyembah hrs kpd Tuhan
    Menyembah pernah kpd raja2
    Menyembah tak boleh kpd manusia
    Menyembah tak boleh kpd Al Quran

    Kata:
    Berdoa hanya kpd Tuhan
    Berdoa tak boleh kpd manusia
    Berdoa tak boleh kpd Al Quran?

    Kata:
    Bersyukur hanya kpd Tuhan.
    Bersyukur boleh kpd manusia.
    Bersyukur tak boleh kpd Al Quran

    Kata:
    Berterima kasih hanya kpd Tuhan
    Berterima kasih boleh kpd manusia
    Berterima kasih tak boleh kpd Quran

    Bagiku:
    Beriman hanya boleh kpd Tuhan
    Beriman tak boleh kpd manusia
    Beriman tak boleh kpd Al Quran

    Dan bagiku:
    Percaya boleh kpd/pd apa saja.
    Emang segala sesuatu diperbolehkan
    Tetapi tidak segala sesuatu berguna utk kita!

    Setiap org boleh melakukan segala sesuatu
    Tapi tak segala sesuatu berguna bagi kita

    Meskipun kita boleh melakukan apa saja
    Tapi jangan mau dikuasai oleh apa pun

    Semoga jelas posisi mahluk-Nya itu pd mu
    Yg kutau, Quran itu disalin oleh tangan2 manusia
    Lalu dikompilasi dan di syahkan oleh Utsman (lih.link).

    Salam Damai!

    • Bagiku:
      Beriman hanya boleh kpd Tuhan
      Beriman tak boleh kpd manusia
      Beriman tak boleh kpd Al Quran

      Cb:iman itu kata yg luas sob,mungkin kata iman dari pengertian anda hanya percaya ya,gak ada orang islam diduia ini meminta pada Alquran,sob yg terutama adalah iman pada Allah,sama seperti kata yesus hukum yg utama adalah Allah itu esa,artinya kita percaya pada pada Allah dan kuasa Allah,
      Beriman pada quran artinya kita percaya Alquran asli firman Allah,nah kata iman itu maknanya luas kan,kalau anda bilang anda tidak boleh beriman pada manusia anda keluar dari iman kristen,yesus datang kedunia sebagai manusia kan,dan umat kristen mengimani,tapi disini anda bilang tidak boleh beriman pada manusia,berarti anda plin plan,anda cuma mau mengatakan jangan beriman pada Muhammad,tapi anda belok belok kan?

      Semoga jelas posisi mahluk-Nya itu pd mu
      Yg kutau, Quran itu disalin oleh tangan2 manusia
      Lalu dikompilasi dan di syahkan oleh Utsman (lih.link

      Cb;nah itu baru yg kamu tau,ternyata pengetahuan kamu belum lah luas,
      Ya Alquran yg menyalin manusia,yg menulis pertama kali juga manusia,sahabat nabi muhammad,tapi dah dihafal oleh nabi muhammad,bahkan banyak jutaan umat islam hafal Alquran,
      Sob belajar lah yg luas tentang islam,dan menurut saya pengertian anda tentang islam hanya berdasrkan berita non islam,sama seperti anda dalam melihat berita di tv,misal tv anda hanya bisa tayang tv one,gak ada saluran lain,maka hanya tau berita berdasarkn pemberitaan tv one,gak pernah lihat berita versi metro tv atau tv yg lainnya,dan anda sudah sangat yakin berita itu yg benar cuma dari tv one,dan beranggapan semua berita selain tv one salah semua,kalau anda ingin belajar sesungguhnya anda netralkan dulu diri anda dalam menerima berita lalu anda belajar semuanya,jangan belajar setengah dah merasa mengerti?
      Dan sekarang bandingkan kemurnian Alquran dengan bibel anda,bibel dikarang banyak orang bukan,lalu antara firman tuhan perkataan yesus dan perkataan paulus jadi satu dalam kitab,menurut anda murnikah perkataan manusian bahkan selain yesus masuk dalam kitab?sucikah kitab itu??itu baru campur tangan paulus belum lagi ada kata kata susupan dari para pemuka agama?masih murnikah sob kitab anda???

      MK: Soal bahasa kita lihat fenomena kita:
      Suku bangsa yg terbatas kata, sulit berkembang
      Suku bangsa yg tak membatasi kata, mudah berkembang
      Cb;sob saya tau pembicaraan anda,anda cuma mau mengatakan orang arab itu tidak beradap,tak pantas ada nabi,apalagi ajaran agama,dan suku arab itu menurut anda serendah rendahnya umat ya,dan menurut anda bangsa eropa itu manusia super,manusia pilihan,manusia paling beradab ya?makanya anda selalu mengagungkan bangsa barat dengan segala kelebihanya,tapi anda dibutakan dengan kekurangannya,orang barat selalu anda pandang tinggi sedang orang arab anda pandang rendah,
      Sob apakah orang arab yg suka perang yg anda jadikan penilaian pandangan anda,dan anda pandang orang barat yg lagi baik, yg anda pandang tnggi,

      Atau anda mau mengatakan islam agama perang sedang kristen agama damai,dari tulisan anda dapat terbaca arah tulisan anda?sob pandangi juga islam yg baik baik dan juga pandangi juga kristen yg buruk buruk juga,biar adil penilaian anda,kalau anda merasa paling baik dari orang,berarti anda dalam kesombongan,dan itu bukan sifat yesus,bukan ajaran yesus?

      • CB: MK: Bagiku:
        Beriman hanya boleh kpd Tuhan
        Beriman tak boleh kpd manusia
        Beriman tak boleh kpd Al Quran

        Cb:iman itu kata yg luas sob,
        mungkin kata iman dari pengertian anda hanya percaya ya,

        MK: Coba tengok ke sini:
        https://kerajaanagama.wordpress.com/debat-dialog-agama/comment-page-14/#comment-11850

        Kau katakan CB: Iman itu percaya

        MK: Pengertianku gini, Sob!
        “Seeing is believing”, itu beda,
        Dgn “Believing makes you see!”

        “Seeing is believing” itu menjadikan percaya,
        “Believing makes you see!” ini menumbuhkan iman.

        Iman adalah dasar dari segala sesuatu yg kita harapkan
        dan bukti dari segala sesuatu yg tidak kita lihat. [Ibr. 11:1]

        Iman adalah anugerah dari Tuhan (kata benda)
        Percaya itu dorongan dr kedalaman hati (kata kerja)
        Iman percaya menumbuhkan kita menjadi anak2 Tuhan

        CB: Sob belajar lah yg luas tentang islam,

        MK: Maka aku banyak tanya kpd yg punya utk ke-2x:
        Apakah Al Quran itu mahluk-Nya, maka kau hrs mengimani,
        Dan, apa Hadits itu mahluk-nya (Muhammad), maka hrs juga?

        Sob! Soal bahasa kita lihat fenomena kita saja
        Suku bangsa yg terbatas kata, sulit berkembang
        Lihat suku pedalaman yg minim kata dan bahasa,
        Gitu!

        Salam Damai!

  15. cah bodo said:

    Iman adalah anugerah dari Tuhan (kata benda)
    Percaya itu dorongan dr kedalaman hati (kata kerja)
    Iman percaya menumbuhkan kita menjadi anak2 Tuhan
    Cb;kata benda berarti terlihat mata,apakah iman dapat dilihat mata,kalau kata benda tentu dapat dipegang,apakah iman dapat dipegang?iman itu ada didalam hati sob?kalau iman kata benda tentu bisa diperjualbelikan,

    MK: Maka aku banyak tanya kpd yg punya utk ke-2x:
    Apakah Al Quran itu mahluk-Nya, maka kau hrs mengimani,
    Dan, apa Hadits itu mahluk-nya (Muhammad), maka hrs juga?
    Cb:anda belum mengerti juga ya penjelasan sederhana diatas?
    Allah menciptakan ayat yg tersirat dan tersurat,yg tersirat itu ayat berupa dunia dan seisinya,yg tersurat itu ayat berupa firman,yg tertulis dalam Alquran,
    Dan semua jadi pembelajaran kita untuk mengenal Allah lebih dekat,islam mengimani Alquran sebagai firman Allah yg tersurat,iman pada Alquran berarti percaya Alquran itu benar benar firman Allah,dan tidak ada keraguan didalam Alquran,kalau umat ragu terhadap Quran berarti dia tidak beriman pada quran,kalau ada umat tidak melaksanakan yg tertulis dalam Quran berarti tidak beriman pada Quran,iman pada Allah beda makna beriman pda Quran,walau sama sama mengunakan kata beriman,tapi pengertyiannya berbeda,makanya sya bilang beriman itu kata yg luas pengertianya,

    Sob! Soal bahasa kita lihat fenomena kita saja
    Suku bangsa yg terbatas kata, sulit berkembang
    Lihat suku pedalaman yg minim kata dan bahasa,
    Gitu!

    Cb:sob kita membicarakan kitab bukan soal pergaulan,kitab dapat dikatakan suci murni kalau bahasa yg digunakan bahasa asli ketika kitab itu diturunkan,kalau terjemahan dan tafsiran itu menurut daerah atau negara masing masing untuk pemahaman saja,
    Kalu ada kitab yg berbahasa masing masing daerah,lalu reverensinya kalau ada kesalahan kemana mau dicocokan dengan kitab yg masih murni bahasanya,apa diterima saja kitab berbahasa harian kita tanpa kita bisa belajar bahasa aslinya,para penterjemah kitab itu hanya manusia biasa yg tak luput dari salah dan kilaf,andai ada terjemahan yg keliru satu kata pun maka akan berbeda makna dan artinya,dan apabila kitab itu dah dipegang oleh ribuan umat padahal ada kesalahan,lalu ada umat yg merasa bahwa terjemahanya ada kekeliruan lalu kemana mau mecocokan dengan kitab aslinya,

    Kalu untuk pergaulan maka semakin banyak bahasa yg kita kuasai maka semakin luas wawasan kita,anda bedakan bahasa kitab dengan bahasa pergaulan,apa kitab itu yg keren yg berbahasa inggris,atau bahasa lainya,
    Apa yesus paham bahasa inggris?

    • Iman adalah anugerah dari Tuhan (kata benda)
      Percaya itu dorongan dr kedalaman hati (kata kerja)
      Iman percaya menumbuhkan kita menjadi anak2 Tuhan
      Cb;kata benda berarti terlihat mata,
      MK: Benda abstrak terlihat mata jiwa.

      CB: apakah iman dapat dilihat mata,
      MK: Lihat di atasa!

      CB: kalau kata benda tentu dapat dipegang,
      MK: sda

      CB: apakah iman dapat dipegang?
      MK Sda

      CB: iman itu ada didalam hati sob?
      MK: Dgn mata hati lah liatnya kan?

      CB: kalau iman kata benda tentu bisa diperjualbelikan,
      MK: Spt hati?
      +++

      MK: Maka aku banyak tanya kpd yg punya utk ke-2x:
      Apakah Al Quran itu mahluk-Nya, maka kau hrs mengimani,
      Dan, apa Hadits itu mahluk-nya (Muhammad), maka hrs juga?

      Cb:anda belum mengerti juga ya penjelasan sederhana diatas?
      Allah menciptakan ayat yg tersirat dan tersurat,yg tersirat itu ayat berupa dunia dan seisinya,yg tersurat itu ayat berupa firman,yg tertulis dalam Alquran,
      Dan semua jadi pembelajaran kita untuk mengenal Allah lebih dekat,islam mengimani Alquran sebagai firman Allah yg tersurat,iman pada Alquran berarti percaya Alquran itu benar benar firman Allah,dan tidak ada keraguan didalam Alquran,kalau umat ragu terhadap Quran berarti dia tidak beriman pada quran,kalau ada umat tidak melaksanakan yg tertulis dalam Quran berarti tidak beriman pada Quran,iman pada Allah beda makna beriman pda Quran,walau sama sama mengunakan kata beriman,tapi pengertyiannya berbeda,makanya sya bilang beriman itu kata yg luas pengertianya,

      MK: Ok lah kata iman tak kusertakan lagi:
      Apakah Al Quran itu mahluk-Nya (Allah),
      Dan, apa Hadits itu mahluk-nya (Muhammad)?
      +++

      MK: Sob! Soal bahasa kita lihat fenomena kita saja
      Suku bangsa yg terbatas kata, sulit berkembang
      Lihat suku pedalaman yg minim kata dan bahasa,
      Gitu!
      Cb:sob kita membicarakan kitab bukan soal pergaulan,kitab dapat dikatakan suci murni kalau bahasa yg digunakan bahasa asli ketika kitab itu diturunkan,

      MK: apa ada guna suci murni kalai itu tak hidup? Bahasa bahasa teknik matematik menggunakan bahasa yg mati tanpa boleh ada interprestasi lain. Bahasa rohani selalu ada happeningnya, hidup dan kuat memilah-milah yg murni dari yg imitasi. Dlm kitab Ibrani 4:12 dikatakan “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 4:13 Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

      CB: Kalu ada kitab yg berbahasa masing masing daerah,lalu reverensinya kalau ada kesalahan kemana mau dicocokan dengan kitab yg masih murni bahasanya,apa diterima saja kitab berbahasa harian kita tanpa kita bisa belajar bahasa aslinya,para penterjemah kitab itu hanya manusia biasa yg tak luput dari salah dan kilaf,andai ada terjemahan yg keliru satu kata pun maka akan berbeda makna dan artinya,dan apabila kitab itu dah dipegang oleh ribuan umat padahal ada kesalahan,lalu ada umat yg merasa bahwa terjemahanya ada kekeliruan lalu kemana mau mecocokan dengan kitab aslinya,
      MK: Aku hanya menyarankan bahwa kata hrs hidup dan diperkaya.
      Bahasa daerah hidup utk daerahnya.
      Tidak mungkin bahasa rusia bisa hidup di hati kita, misalnya.

      CB: Kalu untuk pergaulan maka semakin banyak bahasa yg kita kuasai maka semakin luas wawasan kita,anda bedakan bahasa kitab dengan bahasa pergaulan,apa kitab itu yg keren yg berbahasa inggris,atau bahasa lainya,
      MK: Kalau kebenaran itu mati lengket pd Kitab
      Maka benar kalian hrs berkacamata kuda pd-Nya.

      CB: Apa yesus paham bahasa inggris?
      MK: Dia paham bahasa hati.

      Salam Damai!

  16. Apakah Yesus Tuhan? Adakah kutipan di dalam injil yesus mengatakan “Akulah Tuhan, Sembahlah Aku”.

    • F: Apakah Yesus Tuhan?
      MK: Akulah Dia, kata-Nya (Lih.Link)
      https://perhatikanlah.wordpress.com/2010/09/27/bukti-yesus-bukan-tuhan/#comment-55076

      F: Adakah kutipan di dalam injil yesus mengatakan
      “Akulah Tuhan, Sembahlah Aku”

      MK: Ya! Mungkin itu akan dikatakan
      Jika Yesus khawatir disangkan bukan.
      Tapi Yesus tidak keberatan disebut Tuhan.

      Yesus tak pernah keberatan disebut Tuhan,
      Yesus tak pernah menuntut disebut Tuhan,
      Yesus tak pernah minta agar disembah.

      Bila itu pernah, maka aku kabur duluan,
      Karna yg spt itu bukan sikap mulia,
      Itu sikap khawatir atau arogan,

      Yesus datang bukan dominan hendak unjuk kuasa.
      Melainkan hendak menunjukkan hidup yg mulia,
      Dia tak gila sembah, Dia datang utk melayani.

      Perkataan:
      “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah Aku!”
      Itu adalah perkataan tuhan yg mungkin khawatir.

      Tak perlu CB berkata: “Aku manusia, lelaki, muslim”,
      Karena kita bisa menebak itu dgn jitu dari ciri-ciri kata.
      Tebakan itu telak, walau berkata baru sekejap, ya kan?
      [Itu kedahsyatan kata yg dpt melihat, Yoh.1:1].

      Dan aku belum pernah berkata:
      “Jangan takut, aku ini manusia”

      Aku akan berkata: “aku manusia!”
      Jika aku khawatir disangka bukan.

      Salam Damai!

      • cah bodo said:

        Cb;kata benda berarti terlihat mata,
        MK: Benda abstrak terlihat mata jiwa
        Cb;apkah hanya anda yg punya mata jiwa,dan selain anda orang yg buta,
        Benda abstak itu hanya sebuah ilusi,yg sesungguhnya bisa disebut benda kalau berwujud dan dapat dilihat dan dirasa,kalau lukisan abstrak itu salah satu aliran seni rupa,dan itu masih terlihat mata,
        Mata jiwa itu hanya permainan kata,ketika kata yg seharusnya Digunakan sudah tidak lagi dipahami,maka menggunakan kata yg mungkin orang lain sulit menangkap,dan itu dijadikan suatu pengalihan opini,atau pengelakan yg karna merasa apa yg dirasa semakin sulit,ketika pengunakan kata kata yg tidak baku maka itulah senjata pamungkas dari sebuah perkataan yg mulai hilang kendali?aku kira anda paham akan hal ini??

        CB: iman itu ada didalam hati sob?
        MK: Dgn mata hati lah liatnya kan?
        Cb:iman itu hanya kita sendiri yg dapat merasakanya,kita bisa pura pura beriman,beribadah sebanyak mungkin tapi kita sendiri yg merasakanya,orang hanya bisa menilai berdasarkan luarnya saja,toh orang lain tidak tau seperti apa dalam hati kita,istilahnya kita tidak dapat membohongi diri sendiri?

        MK: Ok lah kata iman tak kusertakan lagi:
        Apakah Al Quran itu mahluk-Nya (Allah),
        Dan, apa Hadits itu mahluk-nya (Muhammad)?
        Cb;sob ALQURAN ITU FIRMAN ALLAH,KITA BERIMAN PADA ALQURAN ARTINYA KITA WAJIB PERCAYA ALQURAN ITU BENAR FIRMAN ALLAH,DAN KITA BERUSAHA MELAKSANAKAN APA YG TERTULIS DIALQURAN,ITU ARTINYA IMAN PADA ALQURAN,
        Sama seperti anda percaya pada injil adalah firman Allah,itu artinya anda beriman pada injil,beriman sama menyembah lain,kita beriman pada Allah artinya kita percaya Allah adalah tuhan kita,dan kita wajib melaksanakan perintah Allah,dan iman tanpa perbuatan adalah mati,iman tanpa melaksanakan hakekatnya mati,

        MK: apa ada guna suci murni kalai itu tak hidup? Bahasa bahasa teknik matematik menggunakan bahasa yg mati tanpa boleh ada interprestasi lain. Bahasa rohani selalu ada happeningnya, hidup dan kuat memilah-milah yg murni dari yg imitasi. Dlm kitab Ibrani 4:12 dikatakan “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 4:13 Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab

        Cb:anda harus jeli dengan kata,hidup diatas artinya firman Allah tetap ada sampai kiamat tiba,dan jadi hukum yg utama,sama seperti ketika ada jalan yg rusak dan tidak bisa dilewati bisa disebut jalan mati dan setelah diperbaiki dan bisa dilewati maka bisa disebut menghidupkan jalan,kalau anda telan mentah mentah maka ayat itu akan membuat bermakna lain,
        Atau misal kata tajam pada ayat diatasa,apa maksudnya tajam bagai pisau didapur yg bisa memotong cabai,lain kan maksudnya,antara kata perumpamaan dengan kata baku anda harus bisa membedakan ? Bukan berarti kitab suci itu yg hidup dan bisa jalan sendiri butuh makan dan minum,hidup artinya tetap ada sampai kiamat tiba,anda hanya mamainkan kata kata yg agak rumit seolah orang lain butuh terjemahan dari anda saja,anda hanya tidak bisa menunjukan kitab anda yg berbahasa asli yesus,maka anda gunakan jurus ayat itu?
        Sob anda belajar juga kitab yg berbahasa asli yesus sob maka anda belajar kitab yg masih murni,jangan cuma terjemahan!

        MK: Aku hanya menyarankan bahwa kata hrs hidup dan diperkaya.
        Bahasa daerah hidup utk daerahnya.
        Tidak mungkin bahasa rusia bisa hidup di hati kita, misalnya
        Cb:sob soal kitab biarlah pada bahasanya yg asli kalau terjemahan kitab itu terserah daerah masing masing,Alquran dimanapun didunia tetap bahasa aslinya bahasa arab sama ketika firman Allah itu diturunkan 1400thun silam,sedang terjemahan terserah kita mau pakai bahasa mana?yg penting kita paham,kalau anda paham bahasa rusia ya silahkan belajar terjemahan kitab pakai bahasa rusia,tidak ada yg bisa menambahkan atau mengurangi isi kitab Quran walau satu huruf pun,dan itu haram walaupun untuk menambah kaya atau hidup kitab itu,dan maaf dibibel anda tentu ada ya penambahan kata,kan untuk memperkaya dan biar hidup ayat kitab anda,kalu begitu apa bisa disebut murni kitab anda?

        MK: Kalau kebenaran itu mati lengket pd Kitab
        Maka benar kalian hrs berkacamata kuda pd-Nya.
        Cb:kebenaran itu mutlak milik Allah saja karna dia yg maha kuasa,dia yg menciptakan dan menguasai,kebenaran bukan menurut manusia,apalagi kebenaran Kok dilihat pakai kacamata kuda gak nyambung sob?anda hanya bermain kata?

        MK: Ya! Mungkin itu akan dikatakan
        Jika Yesus khawatir disangkan bukan.
        Tapi Yesus tidak keberatan disebut Tuhan
        Cb;tidak ada ayat yg menyatakan yesus tuhan kalau ayat yg dihububg hubungkan yesus tuhan ada,yesus bukan tuhan tapi utusan tuhan,yesus tidak keberatan disebut domba bukan berarti yesus domba kan kalau ada yg menyatakan yesus tidak keberatan disebut tuhan itu hanya permainan kata bukan berdasarkan kitab,tunjukan satu ayat yg menyatakan yesus tuhan maka gugurlah ajaran agama islam,hayo tunjukan?jangan ayat yg akal akalan?

        Yesus tak pernah keberatan disebut Tuhan,
        Yesus tak pernah menuntut disebut Tuhan,
        Yesus tak pernah minta agar disembah
        Cb:yesus berkata “bukan yg berseru kepadaku ‘tuhan ,tuhan yg akan masuk ke kerajaan surga,melainkan yg menuruti perintah bapa disurga!
        Siapa penyeru yesus tuhan tidak akan masuk surga,dan itu bukan kami islam yg menyeru yesus tuhan? Ingat ayat ini sob?

        Aku akan berkata: “aku manusia!”
        Jika aku khawatir disangka bukan.
        Cb ;tidak ada yg menyangka anda bukan manusia sob percayalah perlihatkan tubuhmu pada manusia lain dan anda tidak usah bertanya pada orang anda manusia apa bukan,orang sudah paham anda manusia,tapi ketika yesus didunia orang juga paham yesus manusia,makanya yesus mengaku utusan tuhan,yesus tidak kawatir disangka bukan nabi itulah yg terjadi bukan disangka bukan tuhan,kalau sangkaan yesus tuhan itu sangkaan yg berlebihan,ingat kata anda yesus naik kesurga dan duduk disebelah kanan Allah,berarti yesus bukan Tuhan Allah,yesus adalah kekasih Allah utusuan Allah,gimana sob?

      • Cb;kata benda berarti terlihat mata,
        MK: Benda abstrak terlihat mata jiwa
        Cb;apkah hanya anda yg punya mata jiwa,
        MK: Harusnya semua punya
        CB: dan selain anda orang yg buta,
        MK: Semua kita buta rohani
        CB: Benda abstak itu hanya sebuah ilusi,
        MK: Lebih lagi roh
        CB: yg sesungguhnya bisa disebut benda kalau berwujud
        MK: Wujud itu ada tiga: Padat, cair dan gas
        CB: dan dapat dilihat dan dirasa,
        MK: bagi yg peka
        CB: kalau lukisan abstrak itu salah satu aliran seni rupa,
        MK: Ya! dan sulit menikmatinya.
        CB: dan itu masih terlihat mata,
        MK: Tapi tak mudah dimenrti
        CB: Mata jiwa itu hanya permainan kata,
        MK: Segala ciptaan dimuali dari kata
        CB: ketika kata yg seharusnya Digunakan sudah tidak lagi dipahami,
        MK: Kacaulah pikiran
        CB: maka menggunakan kata yg mungkin orang lain sulit menangkap,
        MK: kata itu utk berpikir, pikir utk bekerja, kerja utk menjadi.
        CB: dan itu dijadikan suatu pengalihan opini,
        MK: diplomasi selalu dimenangkan yg kaya kata.
        CB: atau pengelakan yg karna merasa apa yg dirasa semakin sulit,
        MK: Maka kita hrs memperkaya kata spy semua mudah.
        CB: ketika pengunakan kata kata yg tidak baku
        MK: Buka kamus, mungkin itu kata baru atau dibarukan
        CB: maka itulah senjata pamungkas dari sebuah perkataan yg mulai hilang kendali?MK: Perlu merenung lebih jauh mengupgrade data agar uptodate
        CB: aku kira anda paham akan hal ini??
        MK: Tentu sob! Tapi jgn mau hrs terikat definisi di dlm rohani.
        CB: iman itu ada didalam hati sob?
        MK: Dgn mata hati lah liatnya kan?
        Cb:iman itu hanya kita sendiri yg dapat merasakanya,
        MK: Dan hrs ditumbuhkan utk mendatangkan perubahan.
        CB: kita bisa pura pura beriman,beribadah sebanyak mungkin tapi kita sendiri yg merasakanya,orang hanya bisa menilai berdasarkan luarnya saja,toh orang lain tidak tau seperti apa dalam hati kita,istilahnya kita tidak dapat membohongi diri sendiri?
        MK: Ok lah kata iman tak kusertakan lagi:
        Apakah Al Quran itu mahluk-Nya (Allah),
        Dan, apa Hadits itu mahluk-nya (Muhammad)?
        Cb;sob ALQURAN ITU FIRMAN ALLAH,KITA BERIMAN PADA ALQURAN ARTINYA KITA WAJIB PERCAYA ALQURAN ITU BENAR FIRMAN ALLAH,DAN KITA BERUSAHA MELAKSANAKAN APA YG TERTULIS DIALQURAN,ITU ARTINYA IMAN PADA ALQURAN,
        MK: Berarti bukan mahluk-Nya?
        CB: Sama seperti anda percaya pada injil adalah firman Allah,itu artinya anda beriman pada injil,
        MK: Aku tidak beriman kpd ciptaan, Sob!
        CB: beriman sama menyembah lain,
        MK: Ya Lain tentu.
        CB: kita beriman pada Allah artinya kita percaya Allah adalah tuhan kita,dan kita wajib melaksanakan perintah Allah,dan iman tanpa perbuatan adalah mati,
        iman tanpa melaksanakan hakekatnya mati,
        MK: Ya! Perbuatan tanpa iman adalah buta.
        +++

        MK: apa ada guna suci murni kalai itu tak hidup? Bahasa bahasa teknik matematik menggunakan bahasa yg mati tanpa boleh ada interprestasi lain. Bahasa rohani selalu ada happeningnya, hidup dan kuat memilah-milah yg murni dari yg imitasi. Dlm kitab Ibrani 4:12 dikatakan “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 4:13 Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab
        Cb:anda harus jeli dengan kata,hidup diatas artinya firman Allah tetap ada sampai kiamat tiba,dan jadi hukum yg utama,sama seperti ketika ada jalan yg rusak dan tidak bisa dilewati bisa disebut jalan mati dan setelah diperbaiki dan bisa dilewati maka bisa disebut menghidupkan jalan,kalau anda telan mentah mentah maka ayat itu akan membuat bermakna lain,
        MK: Firman itu sungguh menghidupkan.
        Dan memang hanya yg hidup yg menghidupkan.
        Kata yg mati, kaku ya mati tak boleh ada interpretasi.
        CB: Atau misal kata tajam pada ayat diatasa,apa maksudnya tajam bagai pisau didapur yg bisa memotong cabai,
        MK: Secara tehnik fisika, kata2 itu mati disitu saja.
        CB: lain kan maksudnya,
        MK: Ya! Tdk hrs terikat definisi duniawi.
        CB: antara kata perumpamaan dengan kata baku anda harus bisa membedakan ? MK: Ya! Antara duniawi dan rohani, itu beda.
        CB: Bukan berarti kitab suci itu yg hidup dan bisa jalan sendiri butuh makan dan minum,hidup artinya tetap ada sampai kiamat tiba,anda hanya mamainkan kata kata yg agak rumit seolah orang lain butuh terjemahan dari anda saja,
        MK: Hidup artinya ada interaksi, bukan makan minum beranak jalan2.
        Ada dikatakan batre ini sudah mati, coba pikir. Sob!
        CB: anda hanya tidak bisa menunjukan kitab anda yg berbahasa asli yesus,maka anda gunakan jurus ayat itu?
        MK: Gunakan saja yg ada. Repot mencari ada yg lebih mulia.
        CB: Sob anda belajar juga kitab yg berbahasa asli yesus sob maka anda belajar kitab yg masih murni,jangan cuma terjemahan!
        MK: Yg perlu dimurnikan itu hati kita, bukan kitab.
        +++

        MK: Aku hanya menyarankan bahwa kata hrs hidup dan diperkaya.
        Bahasa daerah hidup utk daerahnya.
        Tidak mungkin bahasa rusia bisa hidup di hati kita, misalnya
        Cb:sob soal kitab biarlah pada bahasanya yg asli
        MK: Jika itu digemari, biarlah!
        CB: kalau terjemahan kitab itu terserah daerah masing masing,
        MK: Agar firman itu hidup menggantikan sabda budaya alami.
        CB: Alquran dimanapun didunia tetap bahasa aslinya bahasa arab sama ketika firman Allah itu diturunkan 1400thun silam,
        MK: Biarlah begitu, hidupkanlah di dlm sanu bari.
        CB: sedang terjemahan terserah kita mau pakai bahasa mana?
        MK: Memang terjemahan itu penting. Jadi mengerti sedini mungkin.
        CB: yg penting kita paham,
        MK: Dan kita kerjakan.
        CB: kalau anda paham bahasa rusia ya silahkan belajar terjemahan kitab pakai bahasa rusia,
        MK: Hanya hidup dihati budaya rusia tentunya.
        CB: tidak ada yg bisa menambahkan atau mengurangi isi kitab Quran
        MK: Ya, dan tidak ada yg mengharuskannya.
        CB: walau satu huruf pun,dan itu haram
        MK: Tanda tanganmu pun tidak ada yg bisa meniru.
        CB: walaupun untuk menambah kaya atau hidup kitab itu,
        MK: Biarkan saja kitab itu begitu. Tak usah pusing itu murni.
        CB: dan maaf dibibel anda tentu ada ya penambahan kata,kan untuk memperkaya dan biar hidup ayat kitab anda,
        MK: Ada alkitab dgn bahasa sehari-hari.
        Anakku tidak ngerti arti sundal, dikira sandal
        Ada yg tidak ngerti arti penyamun, itu maka diperkaya.
        Bahasa itu bertumbuh berubah arti dan makna.
        Maus misalnya hampir bukan tikus sekarang
        Lalab-dilalab, gagah-digagahi, harga naik-disesuikan,
        Sundal-jadi lonte-pelacur-perek-wts-psk dan nanti ppj kali.

        (bersambung)

  17. MK: Ada alkitab dgn bahasa sehari-hari.
    =======
    ya ada bahasa asing sama minum racun…
    tp ga berani.

  18. Islahatul said:

    bagi umat kristiani ini pertanyaan saya yang paling umum.
    Apakah di dalam kitab injil yesus pernah bilang bahwa dia adalah tuhan?kalau mmng ada di dalam injil sya sebagai umat islam langsung masuk ke dlm agama kristen.

    • cah bodo said:

      MK: Ada alkitab dgn bahasa sehari-hari.
      Anakku tidak ngerti arti sundal, dikira sandal
      Ada yg tidak ngerti arti penyamun, itu maka diperkaya.
      Bahasa itu bertumbuh berubah arti dan makna.
      Maus misalnya hampir bukan tikus sekarang
      Lalab-dilalab, gagah-digagahi, harga naik-disesuikan,
      Sundal-jadi lonte-pelacur-perek-wts-psk dan nanti ppj kali

      Cb:nah makanya cari di bahasa aslinya kitab injil,jangan cari bahasa penganti, maka akan lain maknanya,untuk itulah bahasa asli kitab musti dipelajari,untuk revisi jika ada kata yg asing,tapi yah itulah kitab bibel,demi memperkaya isi maka semampu pikiran kalian dapat anda masukkan dalam kitab anda sendiri,jadi mungkin 20 tahun lagi isi materi bibel juga berubah menurut perkembangan jaman,atau demi gaul bahasa maka kata kata anak muda jaman sekarang pun boleh dipakai di alkitab,kan demi kaya bahasa?perkara lain arti dari kitab yg sesungguhnya yg penting gaul men?dan itu bisa disebut KITAB SUCI,

      • Sob!

        3Khatam Kitab bukan jaminan.
        Segala ciptaan di bawah kuasa manusia.
        Sangkal diri, pikul salibmu, ikut Dia, itu janji Yesus.

        Dan,
        Kami iringkan jejak mereka dgn Isa putra Maryam,
        membenarkan kitab yg sebelumnya, yaitu: Taurat.
        Dan Kami telah memberikan kpd-nya kitab Injil
        sedang di dlm-nya (ada) petunjuk dan Cahaya
        Menjadi petunjuk pengajaran org Bertakwa.
        [QS.5:46]

        Lagi pula,
        Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata:
        “Sesungguhnya aku datang kpd-mu dgn membawa hikmat
        dan utk menjelaskan kpd-mu sebagian yg kamu berselisih ttg-nya,
        maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada)ku”

        Ini lah jalan yang lurus yg menjamin.
        Ini membawa hikmat, bukan nikmat.
        Ini jaminan kita itu, Sob! Bukan main.

        Salam Damai!

    • Penasaran mencari DALIL dalam Injil bahwa Yesus itu Tuhan dan menuntut harus dari ucapan Yesus?
      Lihat di Injil YOHANES 14:1-14
      Di situ Yesus menyatakan diri-Nya adalah Allah sendiri yg selama ini di kenal orang sebagai Allah yg jauh dan tersembunyi ..yang disembah semua agama namun tidak pernah melihat wujud-Nya.sayangnya pas Allah menampakkan wujud-Nya manusia banyak yg ragu,keraguan itu karena tidak ada satu pun manusia yg pernah melihat wujud ALLAH . karena Manusia memandang tidak mungkin Allah berwujud manusia.tapi harus kita akui bahwa Allah menciptakan manusia seturut gambar-Nya .Jadi bagaimana kita bisa manusia tidak bisa menerima bahwa wujud Allah itu sama seperti wujud manusia,betapa beraninya manusia memerintahkan Allah selamanya bersembunyi dan tak berwujud?sehebat apa manusia berani membatasi ruang dan waktu bagi ALLAH ,padahal kita tahu ALLAH bisa hadir dimana saja dan kapan saja dan bahkan dalam waktu yg sama di tempat yg berbeda.kesimpulannya ALLAH MENGATASI RUANG DAN WAKTU…apanya yg mustahil jika ALLAH mengambil wujud seorang manusia utk dpt DI LIHAT .DIRABA.DISADARI SUNGGUH BAHWA ALLAH ITU SUNGGUH SUNGGUH SUATU KEBERADAAN YANG REAL Pahami sendiri yah Isi pengakuan Yesus di Injil di atas…malas menjelaskannya..kalo gak paham sendiri jangan tanya lagi ..percuma karena kalo dijelaskan juga tentu hasilnya sama aja gak akan paham…sayang

      • terus ayat ini mau dikemanakan…??

        Lagi firman-Nya: “Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.” (Keluaran 33:20)

        Bagaimana dengan Tuhan yang menyembunyikan diri :

        Sungguh, Engkau Allah yang menyembunyikan diri, Allah Israel, Juruselamat. (Yesaya 45:15)

        Ya TUHAN, tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang KAMI TANGKAP DENGAN TELINGA KAMI. (1 Tawarikh 17:20)

        Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat, (Yohanes 5:37)

  19. Islahatul said:
    Mei 5, 2016 pukul 9:29 pm

    Is: bagi umat kristiani ini pertanyaan saya yang paling umum.
    Apakah di dalam kitab injil yesus pernah bilang bahwa dia adalah tuhan?

    MK: Tidak! Dia tidak khawatir tak disebut Tuhan!
    Dia penuh kasih, tidak arogan minta2 disembah.

    Is: kalau mmng ada di dalam injil sya sebagai umat islam langsung masuk ke dlm agama kristen.

    MK: Langsung masuk? Ngapain?
    Apa hobimu hanya nyembah Tuhan?
    Matius 9:13 Pelajarilah arti firman ini:
    Yang Kukehendaki ialah belas kasihan
    dan bukan persembahan, karena
    Aku datang bukan utk memanggil org benar,
    melainkan orang berdosa.”

    Salam Damai!

  20. MK: Tidak! Dia tidak tak disebut Tuhan!
    ========
    ia tuh siMK yg khawatir

    MK: Langsung masuk? Ngapain?
    ========
    terjun bebas nyungseb aja

  21. Ini lah jalan yang lurus yg menjamin.
    =========
    cuma siMKyg bengkok terus

    Ini membawa hikmat, bukan nikmat.
    =============
    yg nikmat di kidung

    • MK: Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata:
      “Sesungguhnya aku datang kpd-mu dgn membawa hikmat
      dan utk menjelaskan kpd-mu sebagian yg kamu berselisih ttg-nya,
      maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada)ku”

      Ini lah jalan yang lurus yg menjamin.
      Ini membawa hikmat, bukan nikmat.
      Ini jaminan kita itu, Sob! Bukan main.

      k: yg nikmat di kidung

      MK: Wah! Menurut SR juga gitu, Sob, ni’mat-nya di kidung.
      Kau tak peduli disebut kidung-belang atau mati ke ranjang.

      Itu jalan yg lurus Level-1, level kanak yg masih suka ni’mat susu ibu .
      “Tunjukilah kami jalan yang lurus (Level-1), jln org2 yg diberi nikmat”,
      Begitu kata2-mu tiap hari berkali2 walau sudah bergigi dan kumisan.

      Maka,
      Kita hrs beduka utk Yuyun, Sob!
      Jalan yg spt itu dijalani berjamaah.
      Itu yg terlihat di permukaan tanah.

      Berdukalah, Sob!

      Salam Damai!

  22. MK; Ini jaminan kita itu, Sob! Bukan main.
    ==========
    loh aja kale..

  23. asik…NGELAWAK lagi bareng MAREN

    • 3Khatam Kitab bukan jaminan.
      Segala ciptaan di bawah kuasa manusia.
      Sangkal diri, pikul salibmu, ikut Dia, itu janji Yesus

      Cb;tunjukan satu ayat yesus menyuruh umat memikul salib dan dijamin surga?
      Sob anda mengalihkan lagi opininya ya,kok ngak ngebahas mata jiwa lagi atau kaya bahasa.
      Sob anda tu gak usah merasa pengikut yesus,lha kita yg islam pengikut ajaran yesus atau isa,anda tu hanya merasa pengikut yesus tapi ajarannya gak dilaksanakan,anda tu melaksanakan ajaran paulus bukan yesus?jadi jangan menuduh islam,atau posisikan ajaran yesus antara kristen dengan islam?yesus tidak pernah mengajarkan kristen,yesus adalah muslim sejati,kami islam penerus ajaran para nabi?yesus jalan yg lurus melalui ajaranya,dan semua nabi adalah petunjuk jalan yg lurus.

      Yesus didaulat jadi tuhan itu berita paulus,paulus ketemu yesus saja tidak,dan tiba tiba ada kejadian aneh trus mengaku murid yesus?dan itu menurut anda kejadian luarbiasa bagi paulus dan merupakan titik balik ajaran yesus,yesus sama sekali tidak mengajarkan sembahlah yesus?malah yesus berkata:BUKAN YANG BERSERU PADAKU ,TUHAN-TUHAN YG AKAN MASUK KEKERAJAAN SURGA,MELAINKAN DIA YG MENURUTI PERINTAH ALLAH DISURGA? Bukankah itu artinya manusia yg memanggil yesus tuhan tidak akan masuk surga dan bila tidak masuk surga maka tempatnya lawannya surga,sob itu bukan kami islam yg mengancam tapi yesus sendiri yg bilang,kalau memang ayat itu ditujukan untuk nabi palsu,pikir sendiri siapa yg mengaku nabi dan memanggil yesus tuhan?

      Semua terserah anda sendiri sob,anda berusaha meyakin kan kami islam seolah kami keluar dari ajaran yesus,lha kitab kami saja memuliakan yesus kok,dan kami menjalankan ajaran yesus Kok,dan anda beranggapan islam itu memusuhi yesus,padahal itu salah besar,justru jika ingin jadi pengikut yesus yg sesungguhnya maka islamlah jalanya,sob terima kasih anda mau dialog dan anda sangat meyakini dan berusaha meyakinkan kami dengan cara dan ilmu anda,tapi keyakinan anda hanya berdasarkan olah kata kata,bukan berdasarkan kitab,ayat yg sebetulnya mudah dipahami anda utak atik menjadi rumit?tapi kami juga punya keyakinan kami sendiri dan berdasarkan kitab quran,kami pun tidak berusaha mempengaruhi keyakinan anda hanya dialog ringan,anda dialog dengan ilmu anda dan kamipun dialog dengan ilmu kami,

      MK: Langsung masuk? Ngapain?
      Apa hobimu hanya nyembah Tuhan?
      Matius 9:13 Pelajarilah arti firman ini:
      Yang Kukehendaki ialah belas kasihan
      dan bukan persembahan, karena
      Aku datang bukan utk memanggil org benar,
      melainkan orang berdosa.”
      Cb:sob menyembah tuhan pada tuhan yg benar yaitu Allah,dan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya,
      Trus apa artinya dari ayat diatas anda merasa orang yg benar,dan kami orang berdosa,
      Sob sebaik baiknya manusia adalah yg merasa bnyak dosa bukan orang yg merasa benar?

    • Cb;tunjukan satu ayat yesus menyuruh umat memikul salib dan dijamin surga?

      MK: Percuma kutunjukin!
      Walau Allah-mu telah menunjukan jalan yg lurus.
      Tapi kau tetep saja minta tunjukilah jalan yg lurus.
      Seolah-olah kau itu pengemis jalan yg lurus, Sob.
      Latah, reflek lidah, wajib, hafal, syarat, atau apa, ya.

      CB: Sob anda mengalihkan lagi opininya ya,
      kok ngak ngebahas mata jiwa lagi atau kaya bahasa.
      MK: Kita bisa perkaya lagi jalan itu:
      Level-1 ialah jalan yg lurus yg bernikmat
      Level-2 ialah jalan yg lurus yg berhikmat
      Level-3 ialah jalan yg lurus menjadi rahmat.

      Itu bisa kita bahas jika kau suka kebenaran.

      CB: Sob anda tu gak usah merasa pengikut yesus,lha kita yg islam pengikut ajaran yesus atau isa,anda tu hanya merasa pengikut yesus tapi ajarannya gak dilaksanakan,
      MK: Kita kerjakan-lah kasih-Nya

      CB: anda tu melaksanakan ajaran paulus bukan yesus?
      MK: Ah, masa! Refot,jika beriman kepada ciptaan.
      Kau mungkin sudah mulai merasakannya.

      (bersambung)

      • MK: Percuma kutunjukin!
        Walau Allah-mu telah menunjukan jalan yg lurus.
        Tapi kau tetep saja minta tunjukilah jalan yg lurus
        Cb;sob belum mengerti juga ya maksud tunjuki jalan yg lurus,sob sesempurna manusia sehebat manusia sekuat iman manusia selagi masih hidup dapat tergoda iblis atau setan,yesus saja seorang nabi yg mulia masih dicobai iblis,apalagi kita yg cuma manusia biasa,tentu iblis sangat mudah menggoda kita,sedang level kita dengan nabi sangat jauh?nabi yesus saja masih berdoa pada Allah,memohon pada Allah,apa kita yg cuma umat merasa lebih hebat dari nabi,merasa lebih bertuhan dari nabi?Allah mengajarkan manusia supaya merasa rendah diri dihadapan Allah,seperti juga para nabi mengajarkan kesederhanaan,kekerendahan,dihadapan Allah,
        Kita hanya makhuknya yg semua bergantung pada kemurahan Allah,kita begitu kecil dihapan Allah,dan memang kita pantas disebut pengemis dihadapan Allah,kita meminta belas kasih Allah,
        Sob kalau anda merasa berada dijalan yg lurus dan merasa terselamatkan dengan keyakinan anda,anda dah mendahului kehendak Allah,sebagai contoh sederhana anda merasa kenal dengan bupati,sedang bupati belum tentu kenal dengan anda,dan anda dengan bangga masuk kantor kabupaten tanpa permisi pada bupati,dan ketika ditanya petugas keamanan,anda berbelit belit mengaku kenal bupati,dan anda ngeyel sja,kira kira tanggapan bupati gimana?trus misal walaupun anda merasa kenal dengan bupati,anda sowan dengan ramah dan permisi pada petugas,dan anda merasa rendah dengan bupati,anda bertamu dengan kesopanan dan penuh etika,kira kira mana yg diterima bupati dengan baik?itu baru urusan pada bupati kita diusahakan merasa rendah,dan penuh kesopanan apalagi urusan pada Allah apa etika pada bupati lebih ditiggi dripada etika pada Allah,etika kita sebagai manusia yg rendah dihapan Allah harusnya jangan mendahului kehendak Allah,kalau anda merasa dekat dengan tuhan merasa dijalan tuhan dan merasa sudah pasti diselamtkan tuhan,sama aja anda mendahului kehendak tuhan,Kalau dimisal lagi anak sekolah belum ujian tapi sudah merasa lulus, betapa sombongnya kita jika begitu ?

      • Cb;sob belum mengerti juga ya
        maksud tunjuki jalan yg lurus,

        MK: Bisa kumengerti “tunjukkanlah” itu:
        Aku baru mulai mengerti ada 3 jln yg lurus:

        Level-1 ialah jalan yg lurus yg bernikmat dari Muhammad
        Level-2 ialah jalan yg lurus yg berhikmat dari Nabi Isa AS
        Level-3 ialah jalan yg lurus menjadi rahmat dari Yesus.

        Pendapatmu, Sob!

        Salam Damai!

  24. MK: Percuma kutunjukin!
    ==========
    ya ditunjuk tunjuk tuh muke gile…

    MK: Kita bisa perkaya lagi jalan itu:
    Level-1 ialah jalan yg lurus yg bernikmat
    Level-2 ialah jalan yg lurus yg berhikmat
    Level-3 ialah jalan yg lurus menjadi rahmat.
    ===============
    ya jalan tol lurus
    jalan siMK bengkok

    MK: Kita kerjakan-lah kasih-Nya
    ========
    emang kasihan si KM

    MK: Ah, masa! Refot,jika beriman kepada ciptaan.
    =========
    ah…yg Boong

    • Apa tanggapanmu, Sob, ttg Yuyun!

      Salam Damai!

      • Level-1 ialah jalan yg lurus yg bernikmat dari Muhammad
        Level-2 ialah jalan yg lurus yg berhikmat dari Nabi Isa AS
        Level-3 ialah jalan yg lurus menjadi rahmat dari Yesus.
        Cb;pendapat saya adalah itu hanya permainan kata dari anda,anda hanya membuat teori teori berdasarkan opini anda sendiri,
        Yg saya tau anda belum mengerti bahwa sesama nabi utusan Allah itu jalan yg lurus,jalan yg lurus itu artinya menyembah Allah saja tiada yg lain,berharap pada Allah semata,
        Tapi ada yg berpendapat jalan yg lurus itu tol cipali,dan ada yg berpendapat jalan lurus itu nikmat dilewati,tidak seperti jalan biasa,
        Ada juga yg berpendapat jalan lurus itu Dari rahmat menuju yesus,
        Ternyata semua manusia itu punya pendapat sendiri sendiri,
        Tapi Allah punya pendapat sendiri yg tertuang dalam Alquran,Allah berpendapat selaku pemilik dan penguasa jagad raya,
        Semua para nabi melaksanakan pendapat Allah,jadi sesama nabi gak mungkin berbeda ajaran,kecuali nabi itu nabi palsu,
        Jika paulus punya pendapat sendiri tentang Yesus dan Allah,dan anda setuju pendapat paulus,itu semua hak anda sendiri,

        Yuyun korban perkosaan dari bengkulu itu maksud kamu?
        Saya tau arah pertanyaan anda,yuyun adalah korban perkosaan para lelaki yg masih remaja dalam kasus ini banyak pelajaran yg bisa dipetik
        Salah satunya adalah bahwa semua agama didunia mengharamkan perkosaan perzinahan,andai saja ada umat dari salah satu agama melakukan perbuatan itu,apakah dalam ajaran agama ada yg mendukung perbuatan keji itu,dan kebetulan dalam kasus ini yg melakukan orang yg mengaku beragama islam,lalu apakah dalam pemikiran anda ajaran islam itu mendukung tindak pemerkosaan,bahkan berzina suka sama suka saja dilarang keras,apalagi perkosaan,yg tentu sangat memaksa,
        Sob betapa sempitnya pemikiran jika beranggapan bahwa yg beragama islam itu identik kejahatan,atau coba anda pikirkan ketika di dimana kristen menjadi mayoritas dan ada umatnya yg melakukan perampokan perkosaan pembunuhan,apakah umat islam menghakimi dengan kristen identik dengan kejahatan,yg melakukan kejahatan itu oknum sob,dan itu diluar ajaran agama manapun didunia,intinya ketika ada umat yg di ktp tertulis agama islam dan umat itu melakukan kejahatan maka orang itu tidak melaksanakan ajaran islam,dan islam sangat melaknat perbuatan kejahatan,
        Lalu apa pendapat kamu sob?

  25. cah bodosaid:Mei 13, 2016 pukul 3:21 pm
    :
    Level-1 ialah jalan yg lurus yg bernikmat dari Muhammad
    Level-2 ialah jalan yg lurus yg berhikmat dari Nabi Isa AS
    Level-3 ialah jalan yg lurus menjadi rahmat dari Yesus.

    Cb: pendapat saya itu adalah hanya permainan kata dari anda,
    MK: Pendapatku, permainan kata maka bisa menjadi ke Bulan
    Segalanya hrs dimulai dari kata untuk bisa menjadi.

    Cb: anda hanya membuat teori teori berdasarkan opini anda sendiri,
    Semua org bebas berkata berteori dr mendengar dan membaca,
    Opini dpt menjadikan suatu teori baru dst utk kemuliaan Tuhan.

    Pendapatku:

    Level-1:
    Jalan yg lurus ini dari lahir ke mati
    Itu spt lurus pd sumbu “y”, dr belakang ke depan
    Jalan yg lurus Level-1 adalah hal tubuh, kedagingan.

    [QS.1:6-7]
    Tunjukilah kami ke jalan yang lurus,
    Jalan org2 yg telah Engkau beri ni’mat
    Bukan (jalan) mereka yg dimurkai dan
    Bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

    Pengertianku:
    Manusia kerap bingung dan bimbang dlm perjalanannya
    Pun Abraham, bapa org beriman itu tertunduk dan tertawa,
    Dia ragu memadamkan fakta dgn iman [Kej.17], teori baru
    Dpt anak? Masa iya! Pikir Abraham, tertunduk dan tertawa.

    Tunjukilah jalan yg lurus!
    Ditunjukkan teori sunat.
    Perjanjian kedagingan.

    Dgn “tunjukilah jalan spt pd org2 yg Engkau beri ni’mat”
    Seolah ada tampak banyak org2 yg telah mendapat ni’mat
    Jln2 yg spt itulah yg diharapkan agar ditunjukan utk kita umat

    Jadi, jln yg minta ditunjuki adalah jln2 yg tampak kedagingan
    Jln org2 yg bernikmat umumnya adalah yg tampak oleh raga
    Padahal jln org2 itu pun belum tentu bermartabat semuanya
    Dan semua org, siapa pun itu, tentu pernah berbuat dosa.

    Jadi, jalan Level-1 ialah hal kedagingan, hal raga.
    Jln ini adalah penting utk pemula, spt idola anak
    Anak ingin jalan spt jln bapaknya, ibu, om, tante,
    Aatau jln org2 yg sukses dan bernikmat lain2.
    Jln kedagingan adalah keasyikan spt sedap2an

    Level-2: .
    Jalan yg lurus yg ini dari elek ke elok
    Itu spt lurus pd sumbu “x”, dr barat ke timur
    Jalan yg lurus Level-2 adalah hal jiwa, kejiwaan.

    [QS.43:61-64]
    Dan sesungguhnya Isa itu benar2 memberikan pengetahuan kiamat.
    Karena itu janganlah kamu ragu2 kiamat itu dan ikutilah Aku.
    Inilah jalan yang lurus.

    Dan janganlah kamu se-kali2 dipalingkan oleh syaitan;
    sesungguhnya syaitan itu musuh yg nyata bagimu.
    Itulah yg selalu membelokkan jalan yg lurus.

    Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata:
    “Sesungguh aku datang kpd-mu membawa hikmat (bukan nikmat)
    dan utk menjelaskan kpd-mu sebagian yg kamu berselisih tentangnya,
    maka bertakwalah kpd Allah dan taatlah (kepada)ku”

    Ini dia jalan yg lurus Level-2, jalan yg berhikmat.
    “Ikutilah Aku, taatlah kepada-ku utk bertakwa kpd Allah.”
    Hanya Isa yg taat sepenuhnya kpd Allah dan pd segala hukum.
    Dan juga, hanya Isa yg terkemuka baik di dunia maupun di akhirat.
    Hanya pd-Nya lah jalan yg membawa hikmat jiwa, bukan nikmat daging.

    Sesungguhnya Allah, Dia-lah
    Tuhanku dan Tuhan kamu
    maka sembahlah Dia,
    Ini adalah jalan yg lurus.

    Jalan yang lurus ini bagi org2 Dewa-sa.
    Org yg telah tau hikmat Allah, ya, sembah-lah.
    Hanya org tumben yg asalan menyembah Allah.

    Matius 9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini:
    Yg Kukehendaki ialah belas kasihan, bukan persembahan,
    karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar,
    melainkan orang berdosa.

    Level-3: .
    Jalan yg lurus yg ini dari materi ke rohani
    Itu spt lurus pd sumbu “z”, dari bawah ke atas
    Jalan yg lurus Level-3 adalah hal roh, kerohanian.

    [Yoh.14:1-11]
    1. “Janganlah gelisah hatimu;
    percayalah kpd Allah,
    percayalah juga kpd-Ku.
    2. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal.
    Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kpd-mu.
    Sebab Aku pergi ke situ utk menyediakan tempat bagimu.
    3. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu,
    Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku,
    supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
    4. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”
    5. Kata Tomas kpd-Nya:
    “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi;
    jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”
    6. Kata Yesus kpd-nya:
    “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.
    Tidak ada seorangpun yg datang kpd Bapa,
    kalau tidak melalui Aku.
    7. Sekiranya kamu mengenal Aku,
    pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.
    Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”
    8. Kata Filipus kpd-Nya:
    “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kpd kami,
    itu sudah cukup bagi kami.”
    9. Kata Yesus kpd-nya:
    “Telah sekian lama Aku ber-sama2 kamu, Filipus,
    namun engkau tidak mengenal Aku?
    Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;
    bagaimana engkau berkata:
    Tunjukkanlah Bapa itu kpd kami.
    10. Tidak percayakah engkau,
    bahwa Aku di dlm Bapa dan Bapa di dlm Aku?
    Apa yg Aku katakan kpd-mu,
    tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri,
    tetapi Bapa, yg diam di dlm Aku,
    Dialah yg melakukan pekerjaan-Nya.
    11. Percayalah kpd-Ku,
    bahwa Aku di dlm Bapa dan Bapa di dlm Aku; atau
    se-tidak2-nya, percayalah karena pekerjaan2 itu sendiri.

    Hanya Isa yg tau percis Tuhan yg benar,
    Ya! Hanya yg dr Sorga tau jalan ke Sorga,
    Org2 yg bernikmat hanya coba meraba-raba.

    Jadi,
    Kita tak hrs ngotot lagi mengidam jalan yg lurus Level-1
    Kita sudah dewa-sa mendekat-dekat kpd Tuhan yg benar
    Tuhan yg dikenal Isa yg telah menunjukkan hikmat-Nya

    Petunjuk itu telah ditinggikan supaya org2 dapat lihat
    Ditinggikan di bukit Golgota dan dipaku di tiang salib
    Dgn Al Fatihah mungkin kita bisa lihat level-level itu.

    Lagi pula pd [QS.5:46]
    Kami iringkan jejak mereka dgn Isa putra Maryam,
    membenarkan kitab yg sebelumnya, yaitu: Taurat.
    Dan Kami telah memberikan kpd-nya kitab Injil
    sedang di dlm-nya (ada) petunjuk dan Cahaya
    Menjadi petunjuk pengajaran org Bertakwa.

    Salam Damai!

    • Sob semua itu baru pada pengertian anda sendiri,dan saya kira pengertian anda sangat sulit dicerna,sangat rumit,dan ketika itu dikemukakan pada kalayak dan mereka bilang sulit menerima teori anda,apa vonis anda pada kalayak,tentu anda menvonis kalayak tidak bisa mencerna karena kalayak bodoh,tidak kaya bahasa,tidak secanggih anda,dan ketika ada pengertian yg mudah dipahami tapi tidak sesuai pengertian anda maka salah besar pengertian selain pengertian anda,

      Nikmat disini artinya luas ,tapi sempit menurut anda,ketika kita makan,minum,sehat,bugar,punya penghasilan dan semuanya itu bagian dari nikmat,tapu pengertian sempit anda nikmat itu daging ketemu daging,dan hanya itu yg terlintas dalam fikiran anda,padahal anda menekankan kaya bahasa,apa kaya bahasa itu menurut kemauan anda sendiri,sob dimana kaya fikiran anda,ketika bahas teori anda maka sejuta kata anda tuliskan tapi mengartikan kata nikmat saja anda ngak sanggup?
      Anda cuma mau bilang islam identik dengan poligami ,karna nabinya juga poligami,padahal poligami punya aturan tersendiri,dan tidak semua orang bisa menjalankan aturan itu,dan menurut anda poligami identik dengan sex cabul,
      Padahal poligami itu menikahi wanita,dan menikahi itu sama saja memuliakan wanita,tapi ya lain pengertian anda,karna sempitnya pengertian anda?

      Sob menikahi wanita itu sama saja memuliakan wanita,apa mulia sex bebas,yg penting suka sama suka,atau mulia perselingkuhan,lihat saja di negara barat sex bebas di muliakan tapi ketika ada muslim berpoligami di angap merendahkan wanita,menurut anda merendahkan wanita yg dinikahi atau wanita yg jadikan pelampiasan sex semata

      • CB: Nikmat disini artinya luas,
        MK: Luaskan juga arti hikmat!
        Walau tampak beda tipis, “n” dan “h”

        CB: tapi sempit menurut anda,ketika kita makan,minum,sehat,bugar,punya penghasilan dan semuanya itu bagian dari nikmat,tapu pengertian sempit anda nikmat itu daging ketemu daging,dan hanya itu yg terlintas dalam fikiran anda,
        MK: Ya, nikmat itu kedagingan,
        Hal sedap2ap dipandang mata.
        Jln itu dari org2, bukan dari Isa.

        CB: padahal anda menekankan kaya bahasa,
        apa kaya bahasa itu menurut kemauan anda sendiri,
        MK: Bedakanlah “n”-ikmat dgn “h-“ikmat
        Nanti kita terlusuri soal “menjadi rahmat”.

        Kata adalah awal utk bicara
        Bicara adalah awal utk berpikir
        Berpikir adalah awal utk bekerja
        Bekerja adalah awal utk menjadi.
        Menjadi ialah pd akhirnya kata.

        CB: sob dimana kaya fikiran anda,
        MK: Di atas!

        CB: ketika bahas teori anda maka sejuta kata anda tuliskan
        tapi mengartikan kata nikmat saja anda ngak sanggup?
        MK: Bedakanlah, mungkin nanti kita nemu yg kau mau.
        Nanti kusederhanakan lagi bw x-y-z ada pd ttk “o” (origin).
        Ttk “o” itu ialah pd kita manusia ciptaan kesayangan-Nya ini.

        Salam Damai!

  26. CB: Sob semua itu baru pada pengertian anda sendiri,
    MK: Ya! Dan pengertianmu utk mu.
    Pengertian org lain utk org itu tentu.
    Jgn paksakan pengertian org utk mu.
    Kita diberi kuasa utk mengerti semua.

    CB: dan saya kira pengertian anda sangat sulit dicerna,
    MK: Mungkin karena belum paham tubuh, jiwa dan roh
    Nikmat, hikmat dan rahmat, sumbu x-y-z, semua lurus

    CB: sangat rumit,
    MK: One spep ahead!

    CB: dan ketika itu dikemukakan pada kalayak
    dan mereka bilang sulit menerima teori anda,
    apa vonis anda pada kalayak,
    MK: Hrs-kah ada vonis?
    Emang siapa aku hrs memonis?
    Perkayalah pendapatku atau ada yg baru?

    CB: tentu anda menvonis kalayak tidak bisa mencerna karena kalayak bodoh,tidak kaya bahasa,tidak secanggih anda,dan ketika ada pengertian yg mudah dipahami tapi tidak sesuai pengertian anda maka salah besar pengertian selain pengertian anda,
    MK: Cerahkanlah khalayak itu dgn pengertianmu, tanpa vonis:
    Level-1 ialah jalan yg lurus yg bernikmat dari Muhammad
    Level-2 ialah jalan yg lurus yg berhikmat dari Nabi Isa AS
    Level-3 ialah jalan yg lurus menjadi rahmat dari Yesus.

    Salam Damai!

  27. Saya meminta maaf yg sebesar-besarnya kepada teman2 terutama CB yg sempat berbalas2an argumen dengan saya..saya mengaku kalah beradu argumen dengan anda tapi bukan berarti saya menerima kebenaran Islam ataupun bersedia masuk Islam. Saya berteguh tetap di Iman Katolik .
    Selama ini saya tetap mengikuti diam2 semua postingan di kerajaan agama ini.saya akui CB dan Maren Kitatau yg paling bisa dibilang tenar di sini.Alasan saya berdiam dan lama gak ikut karena tadi saya kalah berargumen dengan CB dan juga saya menyadari bahwa debat disini terasa seperti “debat kusir” . Meskipun saya kalah berargumen tapi hati nurani saya bilang bahwa saya selama ini tidak mengikuti jalan yg salah. Apa yg saya imani sudah benar..saya menyadari betul bahwa ” ALLAH ITU HANYA SEJAUH DOA” . Inilah alasan bahwa dialog antar agama seharusx ada batasnya yaitu terbatas pada dialog kerjasama dan kerukunan BUKAN DIALOG TEOLOGI masing2.makax disini saya dengan rendah hati mengakui secara pribadi bahwa saya tidak mampu mempertanggungkan iman saya secara teori tetapi saya merasa masih mampu mempertanggung jawabkan iman saya dalam perbuatan. Biarlah Allah sendiri yg menentukan dan menilai slah benarnya saya memilih agama. Saya rela masuk neraka jika memang agama Katolik sesat karena biarpun langit berubah Paus dan uskup2 nya murtad dr iman katolik..meski saya terancam harus masuk neraka sendiri bersama Luxifer ..saya tetap percaya bahwa YESUS tidak pernah bohong pada saya…iman saya bahwa Yesus adalah Allah sekaligus Rohul Kudus itu sendiri akan menyelamatkan saya. Beruntunglah kalian jika saya salah.salam damai …(Selama agama masih menjadi bahan perdebatan bangsa kita akan sulit maju karena agama bukan utk diperdebatkan tapi untuk dihayati sebagai pedoman hidup ke arah tujuan yg satu yaitu ALLAH.

  28. yesus tuh sama air juga duluan air yg ada dibumi……

    • Cb:bung roberto ini bukan debat tapi ini dialog antar agama tapi terserah anda menilainya bagai mana,saya pribadi masih perlu banyak belajar dari orang yg lebih mengerti dari saya,semua tulisan saya hnya sedikit pengetahuan pribadi saya,tapi setidaknya pengertian saya berdasarkan dalil dari kitab bukan berdasarkan teori pemikiran,sya tidak ada maksud menang dalam dialog hanya saling belajar satu sama lain,ketika ada argumen satu dijawab argumen lain berarti dialog ini berjalan.tapi jika tidak ada respon sama aja bohong.

      Bong berto setidknya anda percaya tuhan dari pada ateis,dan tidak ada paksaan dalam agama.atau tidak ada satu ajaran pun dalm islam dalam pemaksaan keyakinan.bahkan dalam islam melindungi umat agama lain yg minoritas itu anjuran dari nabi kami,

      Bung berto jangan salah sangka islam tidak beriman pada isa atau yesus,justru islam sangat memuliakan yesus,dan mengikuti apa yg diajarkan yesus,dan Allahnya yesus dengan Allahnya muhammad sama bung,sama sama tuhan semesta alam pencipta langit dan bumi,

      Sebagai renungan bung berto,yesus mengajarkan menyembah pada bapa atau Allah,semua berita perjalanan yesus ditulis indah dal Quran,tapi dalam quran yesus itu isa
      Mengapa ada banyak pemberitaan tentang perjalanan yesus,disini ada 3agama yg memberitakan tentang yesus yg 1)agama yahudi yg memberitakan bahwa yesus itu anak haram karna dikandung perawan maria,
      2)agama kristen memberitakan yesus datang kedunia untul menebus dosa manusia melalaui kematianya di tiang salib,3)agama islam memberitakan isa atau yesus sebagai salah satu nabi yg mendapat kitab injil sebelum nabi muhammad, dan semua ajaran yesus diteruskan muhammad,semua dirulis dalam quran,dari ketiga sumber berita itu pasti hanya satu yg benar dan mustahil ketiga tiganya benar,

      Andai yesus itu Allah coba lihat markus 16:19(sesudah yesus berbicara demikian kepada mereka ,terangkatlah ia kesurga lalu duduk disebelah kanan Allah,)
      Perhatikan ayat diatas yesus duduk disamping kanan Allah berarti yesus sama Allah lain bung,apakah ada arti yg lain dari ayat diatas,padahal ayat itu sangat mudah dipahami.dan lagi sob sebagai renungan matius 7:21(bukan tiap orang yg menyeru aku tuhan tuhan yg akan masuk kerajaan surga ,hanyalah orang yg melakukan kehendak bapa yg disurga,)22:pada hari terakhir banyak yg akan berseru kepadaku:tuhan,tuhan bukankah kami bernubuat demi namamu,dan mengusir setan demi namamu,dan mengadakan banyak mukzizat,demi namamu juga.23:pada hari itu yesus akan berterus terang kepada mereka dan berkata;aku tidak pernah mengenal engkau!enyahlah dari padaku,kamu sekalian pembuat kejahatan.)

      Renungkan ayat tersebut bung,bahwa yesus sangat murka disebut tuhan dan yg menyebut yesus tihan dicap pembuat kejahatan.itu bukan kami islam yg mengatakan tapi yesus sendiri,tapi terserah anda mau mengartikan apa ayat diatas,bagi saya pribadi ayat itu sangt mudah dipahami.

  29. CB: bung roberto ini bukan debat tapi ini dialog antar agama
    MK: Setuju aku Sob! Dialog!
    Memaknai hal2 yg tak mungkin kita kuasai,
    Agar hidup dan kehidupan kita jadi baik di mata-Nya

    CB: saya pribadi masih perlu banyak belajar
    dari orang yg lebih mengerti dari saya,semua
    MK: Ya! Semua org belajar, tak seorangpun menguasai.
    Kita mudah mengerti belajar apa2 yg dibawah kuasa kita.
    Tak mungkin bisa kita menguasai yg menguasai kita, kan?
    Belajar Tuhan = belajar hidup berkemuliaan = keselamatan.

    CB: tulisan saya hnya sedikit pengetahuan pribadi saya,
    tapi setidaknya pengertian saya berdasarkan dalil dari kitab
    MK: Jika dalil hanya sekitab, maka mudah bisa kita kuasai,
    Dgn catatan, tuhan itu hrs tunduk kepada Kitab berdalil.
    Masalahnya, firman itu hidup, tak mati lengket pd text,
    Dan kitab itu rohani, bukan duniawi sifatnya.

    CB: bukan berdasarkan teori pemikiran,
    MK: Ya! Berpikir hanya awal utk bekerja.

    CB: sya tidak ada maksud menang dalam dialog
    hanya saling belajar satu sama lain,
    MK: Biarlah kalah-menang itu urusan politik
    Salah dan benar urusan matematika
    Bagus dan jelek urusan sastra.
    Untung-rugi urusan ekonomi.
    Baik dan nakal urusan moral

    Urusan agama urusan kemenag.
    Urusan umat itu menjadi rahmat.
    Itu sulit! Yg gampang tukang cap.

    Menjadi rahmat bukan dgn me-nambah2-kan nikmat duniawi.
    Menjadi rahmat justru dgn me-ngurang2-i nikmat di dlm hikmat illahi.
    Dgn begitu, maka sumbu “z” menuju maksimum, sumbu “y” jadi minimum,
    Merahmat dgn hikmat dr Allah YME, menjadi saksi mata bagi kemuliaan-Nya.

    CB: ketika ada argumen satu dijawab argumen lain
    berarti dialog ini berjalan.tapi jika tidak ada respon sama aja bohong.
    MK: Ya! Mungkin itu monolog, yaitu
    Dialog di atara tubuh, jiwa dan roh
    Menuju Allah dituntun Roh Kudus.

    Selamat hari Jum’at
    Semoga lekas merahmat
    Spy besar guna kita dilahirkan

    Salam Damai!

  30. Undeniably believe that which you said. Your favorite reason seemed to be on the net the simplest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while people think about worries that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side-effects , people can take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

    • Cb;semua argumen harus sesuai dengan dalil dari kitab,kalau argumen berdasarkan teori pemikirn ya gak akan menemui titik temu,anda memberikan teori y dan x,cari saja dalil dalam kitab ada gak teori macam itu,hari ini y dan x besok a b c besoknya lagi f dan g,ya gak ada habisnya,apa dalil dari kitab itu sudah tidak relevan dan kemudian mengunakan dalil pemikiran.
      Bung maren kita kembali pada ayat ayat kitab saja lah dialognya,jangan menurut teori anda,coba anda telusur dari atas mula mula jalan lurus vs jaln nikmat kok bisa dihubungkan dengan teori x dan y,anda tanyakan pada sarjana teolog terkemuka teori x dan y dalam urusan agama,kalau memang itu sistematis maka bisa juga teori itu masuk dalm kitab,dan mungkin senyawa x tidak bisa bertemu dengan kromosom Y,karna akan membentuk gen silang,dan mungkin akan melahirkan turunan yg berbeda dari induknya.

    • Cb;semua argumen harus sesuai dengan dalil dari kitab
      kalau argumen berdasarkan teori pemikirn
      ya gak akan menemui titik temu

      MK: Bedakanlah “n-ikmat” dgn “h-ikmat”
      Nanti kita terlusuri soal “menjadi rahmat”
      x-y-z hanya utk menyederhanakan soal.

      Buatlah perumpamaan jika bahasa kita masih kurang.
      Spt halnya Yesus yg selalu bicara dgn perumpamaan,

      Dan sesungguhnya pengetahuan kita belum lengkap,
      Dan itu belum sempurna, maka kita hrs mereka-reka,
      Dgn tetap demi kemuliaan Nama-Nya.

      Sebab firman Allah itu hidup dan kuat dan lebih tajam dr pd pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

      Salam Damai!

Jangan lupa komentarnya............................. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 97 pengikut lainnya